Rabu, 25 Jul 2012 11:06 WIB

Wow! Hacker Ungkap Cara Bobol Jutaan Pintu Kamar Hotel

- detikInet
Kunci kamar hotel (ist) Kunci kamar hotel (ist)
Las Vegas - Sekarang ini banyak hotel kelas atas yang menggunakan kunci berbasis kartu yang diatur dengan piranti khusus. Namun apakah itu lebih aman dari kunci tradisional? Ternyata tidak!

Adalah Cody Brocious dari Mozilla software developer yang berhasil mengungkap celah pada sistem kunci berbasis kartu, khususnya yang diterbitkan oleh Onity.

Brocious mengklaim berhasil membuat perangkat berbasis open source yang bisa dipakai untuk membuka jutaan pintu hotel yang diproduksi oleh Onity. Tinggal colok, maka kartu tersebut seolah-olah berfungsi sebagai master key dan bisa mendeskripsi semua kunci pintu hingga tingkat akurasi 100%.

"Bila perangkat ini dimasukkan, maka secara otomatis bisa mensimulasikan kartu yang digunakan operator hotel untuk mengunci kamar. Perangkat ini akan mendapatkan kunci kriptografi dan kemudian mengirimkan informasi tersebut ke pintu hingga bisa dibuka," jelas Brocious.

Seperti dikutip detikINET dari pcworld, Rabu (25/7/2012), lebih menakutkannya lagi ternyata perangkat untuk membuka jutaan pintu kamar hotel itu bisa diproduksi dengan biaya sekitar USD 50 (sekitar Rp 470 ribu).

Namun rencananya, selain ingin menginformasikan kepada produsen kunci kamar hotel tersebut, sang peretas juga ingin mempertontonkan temuannya terlebih dahulu pada ajang kumpul hacker bertajuk Black Hat 2012 di Las Vegas, Amerika Serikat.




(eno/ash)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed