Senin, 04 Jun 2012 08:25 WIB

Stuxnet, Kolaborasi AS dan Israel Serang Iran?

- detikInet
New York, AS - Stuxnet, virus komputer perkasa yang menghebohkan pada 2010 disinyalir adalah senjata cyber hasil kolaborasi Amerika Serikat (AS) dan Israel yang sengaja dirancang untuk melumpuhkan fasilitas nuklir Iran. Demikian hasil investigasi New York Times.

Mengutip narasumber yang tidak disebutkan namanya, New York Times membeberkan bahwa Stuxnet adalah upaya serangan cyber yang dikenal dengan kode "Olympic Games" di kalangan pejabat intelijen AS, dimulai sejak pemerintahan George W Bush dan diteruskan setelah Barack Obama.

Lebih jauh lagi, laporan New York Times yang dilansir PC Mag, Senin (4/6/2012) ini juga mengatakan bahwa Stuxnet sebenarnya ditujukan hanya untuk menyerang fasilitas nuklir Natanz di Iran. Namun karena kecerobohan, virus komputer tersebut menyebar di web secara global.

"Olympic Games dimulai pada 2006 yakni ketika Iran memulai kembali program pengayaan uranium mereka di Natanz. Pemerintahan Bush menginginkan adanya aksi militer. Setelah melakukan upaya penyusupan ke sistem komputer Natanz, para pejabat AS bekerja sama dengan unit rahasia Israel melepaskan virus Stuxnet," demikian isi laporan New York Times.

Serangan cyber saat ini, apalagi jika diarahkan ke fasilitas vital seperti Stuxnet memang ditengarai memiliki muatan politik terkait dengan kebijakan negara tersebut. Selain Stuxnet, ada juga malware Duqu dan Flame yang juga menyerang fasilitas penting di Iran.

Juru bicara Gedung Putih Josh Earnest tidak bersedia memberikan komentar spesifik mengenai laporan ini. Ia hanya mengatakan bahwa membocorkan data spesifik bisa berisiko bagi keamanan nasional. Sebaliknya, Earnest fokus menjelaskan pendekatan yang dilakukan Presiden AS Barack Obama saat ini terhadap Iran.


(rns/rou)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed