Rabu, 30 Mei 2012 08:39 WIB

iPhone Bebas dari Virus? Belum Tentu!

- detikInet
ilustrasi (ist) ilustrasi (ist)
Jakarta - Selama ini, hanya Android saja yang seakan-akan terancam oleh serangan virus. Lalu bagaimana dengan smartphone lainnya? iPhone misalnya, yang juga memiliki pengguna ratusan juta pengguna di seluruh dunia.

Menurut Trend Micro, iPhone tidaklah kebal terhadap serangan dedemit maya. Apalagi jika smartphone ini sudah dioprek, alias jailbreak. Jika sudah begitu maka dengan mudahnya aplikasi jahat bisa menyusup.

"Malware yang menyerang iPhone pernah ditemukan 2011 lalu, saat itu korbannya mencapai 21 ribu di Australia. Malware tersebut bernama ransomeware," ujar Aulia Huriadi, Senior Technical Consultant Trend Micro Indonesia.

Ransomeware sendiri merupakan salah satu contoh bukti serangan terhadap iPhone yang sudah di-jailbreak. Program jahat ini mampu 'menyandera' iPhone pengguna dan akan meminta imbalan tertenu agar bisa dibebaskan.

"Waktu itu pelaku minta USD 5 agar korbannya bisa dibebaskan," jelas Aulia.

Jadi, menurut Trend Micro, tak ada sistem pada smartphone yang benar-benar aman. Semua memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun yang paling penting untuk menghindari serangan tersebut adalah sisi edukasi kepada para pengguna.

(eno/rou)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed