Rabu, 05 Sep 2012 13:21 WIB

Asus X401U, Notebook yang Ramah Kantong

- detikInet
Asus X401U (Foto: Sha/ detikINET) Asus X401U (Foto: Sha/ detikINET)
Jakarta - Selama ini bila ingin mendapatkan komputer jinjing dengan budget Rp 3 jutaan biasanya cuma dapat netbook. Tapi sekarang keinginan untuk mendapatkan notebook dengan harga seperti netbook bisa didapatkan, salah satunya adalah Asus X401U.

Harapan untuk mendapatkan notebook harga netbook ini bisa terwujud berkat kerjasama Asus dengan AMD.

Ada harga rupa. Demikian ungkapan biasanya sering terdengar. Tapikah apakah hal ini berlaku bagi Asus X401U yang mempunyai kualitas murahan karena dibanderol dengan harga murah? Beruntung detikINET<\/strong> diberi kesempatan untuk menjajal notebook ini. Berikut ulasannya.

Desain<\/strong>
Kesan pertama ketika Asus X401U ini adalah biasa saja. Tidak ada sentuhan yang wah dan menarik, walaupun tidak jelek-jelek amat. Warna hitam glossy yang dibalut bahan plastik justru membuat notebook ini terlihat mudah kotor, sehingga sering menimbulkan jejak tangan di bodinya.

\\\"\\\"

Notebook ini dibuat minimalis, kendati menyediakan port yang dibutuhkan oleh pengguna, tapi jumlahnya tidak banyak. Satu port USB disediakan satu unit di bagian sisi kiri dan kanan, sangat disayangkan memang mengingat ruang untuk memutar DVD atau disck lainnya juga dihilangkan, sehingga mengurangi efektivitas bila kebutuhan banyak port USB dalam satu waktu.

\\\"\\\"

Selain port USB, ada pula koneksi internet, card reader, VGA Out dan port HDMI. Semuanya tersebar mengelilingi bagian sisi kanan dan kiri notebook ini.

\\\"\\\"

Keyboard & Layar<\/strong>
Beralih ke fitur untuk mengetik. Keyboard yang disediakan lumayan nyaman dengan space cukup luas. Akan tetapi minusnya adalah, keyboard terasa kasar. Maksudnya, beberapa kali detikINET menjajalnya untuk mengetik, pencetan tiap hurufnya tidak empuk dan mulus. Sehingga terjadi typo dalam mengetik karena tombol hurufnya sering nyangkut atau tidak menekan dengan sempurna.

Touchpad yang tersedia memang lumayan, walaupun tombol touchpad terkadang tidak bereaksi dengan lugas. Alhasil, agak mengganggu pekerjaan bila menggunakan laptop tanpa bantuan mouse.

\\\"\\\"

Soal layar, Asus X401U ini dibekali dengan ukuran 14 Inch HD (1366 x 768). Cukup puas untuk melakukan beberapa pekerjaan dan fungsi multimedia.

Apalagi dengan dukungan grafis Radeon HD 6290 mampu memutar film kelas berat kualitas HD 1080p. Saat dijajal detikINET<\/strong>, sangat memuaskan karena dapat memutar tanpa gangguan.

\\\"\\\"

Performa<\/strong>
Walaupun bukan yang terbaik, prosesor APU dari AMD berkekuatan dual-core C-60 1GHz plus RAM 2GB DDR3 cukup menunjang dalam melakukan berbagai pekerjaan standar. Ini termasuk HDD 320 GB.

Sementara itu, soal posisi booting <\/em>dan shut down<\/em> pun cukup cepat. Apalagi Asus mempunyai fitur \\\'Instant On\\\' yang menyalakan laptop hanya dua detik dari posisi sleep.

Fitur unggulan lainnya adalah Ice Cool<\/em>,<\/strong> yang mampu membuat laptop ini tidak cepat panas sehingga nyaman saat laptop dipangku. Ini karena pembuangan panas terdapat di sisi kiri bagian laptop. Tapi tidak menimbulkan suara yang berisik.

Daya tahan baterainya juga tidak terlalu buruk. Setelah detikINET<\/strong> mengisi batarai dalam keadaan full, lalu dibuat bekerja sekaligus berselancar dengan WiFi, daya tahan baterainya hanya sanggup bertahan sekitar 3 jam. Artinya, selalu siapkan charger laptop ini di dalam tas Anda.

Kesimpulan<\/strong>
Dengan harga yang lumayan terjangkau, performa Asus X410U tidak terlalu mengesankan untuk kelas laptop. Tapi bila Anda membayangkan kemampuan netbook dengan layar besar, maka komputer jinjing ini lebih dari cukup.

\\\"\\\"


(tyo/eno)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Fuji Xerox Rilis 14 Mesin Cetak Multifungsi

    Fuji Xerox Rilis 14 Mesin Cetak Multifungsi

    Sabtu, 21 Jan 2017 09:54 WIB
    Fuji Xerox rilis 14 model mesin cetak multifungsi berwarna seri ApeosPort-VI C dan DocuCentre-VI C bagi segmen perkantoran skala kecil, menengah dan besar.
  • Menkominfo Bertemu Google, Bahas Pajak?

    Menkominfo Bertemu Google, Bahas Pajak?

    Jumat, 20 Jan 2017 20:43 WIB
    Usai merilis ponsel Digicoop, Menkominfo Rudiantara langsung buru-buru meninggalkan lokasi acara. Kabarnya, pria berkacamata itu akan bertemu perwakilan Google.
  • KPPU Soroti Persaingan di Telekomunikasi

    KPPU Soroti Persaingan di Telekomunikasi

    Jumat, 20 Jan 2017 20:04 WIB
    KPPU mencium adanya potensi persaingan usaha tidak sehat di industri telekomunikasi belakangan ini. Apalagi sejak ramai debat interkoneksi dan network sharing.
  • Digicoop Bakal Punya Varian RAM 6 GB

    Digicoop Bakal Punya Varian RAM 6 GB

    Jumat, 20 Jan 2017 19:38 WIB
    Digicoop bukan satu-satunya ponsel yang bakal dibesut Koperasi Digital Indonesia Mandiri. Ada ponsel lain yang juga disiapkan, salah satunya mengusung RAM 6 GB.