BERITA TERBARU
Senin, 24 Okt 2016 14:18 WIB

Review Produk

Galaxy On 7: Layar Besar, Awet Baterai

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: detikINET - Anggoro Suryo Jati Foto: detikINET - Anggoro Suryo Jati
Jakarta - Galaxy On 7 meramaikan pilihan ponsel di kelas menengah. Layar lebar, konektivitas dual SIM 4G, baterai awet dan kamera yang berupaya memenuhi kebutuhan fotografi sehari-hari, menjadi jualannya. Berikut hasil review detikINET menjajal ponsel yang dibanderol Rp 2,4 jutaan ini.

Display dan Desain

Galaxy On 7 punya layar 5,5 inch TFT dengan resolusi 1.280 x 720 pixel dan kepadatan pixel 267ppi. Layar ini memang tak sebagus display Super AMOLED yang digunakan seri Galaxy di atasnya.

Meski demikian, tampilan layar dan warnanya tetap terang. Visibilitasnya pun cukup bagus saat berada di bawah terik matahari sehingga cukup nyaman di mata.

Secara desain, tidak ada yang menonjol dari Galaxy On 7. Wujudnya cenderung membosankan, sama dengan kebanyakan seri menengah Galaxy lainnya. Samsung menempatkan tombol power di sisi kanan dan tombol volume di sisi kiri.

Di bagian atas layar, ditempatkan kamera depan 5 megapixel. Sementara di bagian bawah layarnya, terdapat tombol home khas Samsung dengan sentuhan metal mengelilinginya. Tombol kapasitif untuk menu dan back seperti biasanya, ditempatkan di sisi kiri dan kanan mengapit tombol Home.

Galaxy On 7: Layar Besar, Awet Baterai Foto: detikINET - Anggoro Suryo Jati


Menelusuri bagian belakang, bagian paling menonjol adalah kamera 13 megapixel. Kamera ini dibekali LED Flash yang ditempatkan di sebelah kirinya. Di sisi kanan kamera, terdapat dua lubang speaker.

Cover belakang terasa mulus dengan sentuhan desain seperti material kulit. Unit yang dijajal detikINET adalah warna emas yang terlihat cukup elegan. Cover belakang ini juga tidak terasa licin di tangan. Meski tidak mengesankan tampilan premium, secara keseluruhan kualitas body-nya terlihat bagus.

Jika cover dibuka, terdapat dua slot SIM card dan microSD yang bisa menambah kapasitas penyimpanan hingga 128 GB. Kedua slot SIM card pada Galaxy On 7, mendukung jaringan 4G. Di bagian bawah, ada baterai kapasitas 3.000 mAh yang bisa dicopot.

Dimensi ponsel berukuran 77,5mm x 151,8mm serta bobot 171 gram cukup pas bagi yang sudah terbiasa dengan ponsel layar besar dan tergolong ringan jika ditaruh di saku.

Kamera

Galaxy On 7 punya kamera utama 13 megapixel, dilengkapi autofocus dan aperture f/2.1 yang baik. User Interface (UI) kameranya hampir sama dengan kebanyakan smartphone Samsung lainnya. Menu yang ditampilkan antara lain Auto, Pro, Panorama, Continuous Shot, Beauty Face, Effects dan Timer.

Kita bisa menekan tombol home dua kali untuk langsung menuju ke kamera ketika layar dalam keadaan mati. Untuk menjepret, tap tombol shutter pada layar atau bisa juga dengan menekan tombol volume.

Sayangnya, kamera ini tidak punya mode HDR. Padahal untuk rata-rata smartphone dengan spesifikasi sejenisnya, biasanya kamera utamanya sudah dilengkapi pilihan mode ini. Namun sepertinya Samsung mencoba mengakomodir ketiadaan mode HDR dengan kualitas foto yang lumayan bagus.

Galaxy On 7: Layar Besar, Awet Baterai Foto: detikINET - Anggoro Suryo Jati


Untuk foto di kondisi terang, kamera Galaxy On 7 sanggup menangkap gambar dengan baik, tampilan warna kurang lebih mirip objek aslinya. Aperture f/2.1 memungkinkan kita mengambil gambar macro dengan efek bokeh yang bagus. Namun perlu bersabar untuk menjepret foto makro, karena perlu waktu lama bagi kamera ini untuk fokus.

Dalam kondisi minim cahaya, terlihat sedikit noise. Meski demikian, hasil fotonya tidak jelek-jelek amat. Pada saat tertentu, mengaktifkan flash bisa sedikit membantu membuat foto tampak lebih bagus.

Kamera depan 5 megapixel dengan aperture f/2.2 punya fungsi wide-selfie yang memungkinkan mengambil wide panorama 120 derajat. Fungsi ini tentunya akan disukai oleh mereka yang suka selfie beramai-ramai, atau selfie yang ingin memperlihatkan background dengan sempurna.

Hasil foto kamera depan terlihat cukup banyak noise jika di kondisi temaram cahaya. Jadi, satu-satunya cara untuk mengakalinya, pastikan berada di kondisi yang cukup terang saat berfoto. Untuk mempermudah berfoto selfie, Samsung memboyong fungsi hand gesture pada kamera depan Galaxy On 7.

Fungsi ini bisa diaktifkan melalui menu pengaturan. Jika sudah aktif, hanya perlu mengarahkan telapak tangan ke kamera depan dan sensor gesture akan mendeteksinya sebagai perintah menjepret. Berikut beberapa contoh hasil foto Galaxy On 7.

Galaxy On 7: Layar Besar, Awet Baterai Foto: Hasil foto kamera Galaxy On 7 (detikINET/Rachmatunnisa)



Galaxy On 7: Layar Besar, Awet Baterai Foto: Hasil foto kamera Galaxy On 7 (detikINET/Rachmatunnisa)



Galaxy On 7: Layar Besar, Awet Baterai Foto: Hasil foto kamera Galaxy On 7 (detikINET/Rachmatunnisa)



Galaxy On 7: Layar Besar, Awet Baterai Foto: Hasil foto kamera Galaxy On 7 (detikINET/Rachmatunnisa)



Galaxy On 7: Layar Besar, Awet Baterai Foto: Hasil foto kamera Galaxy On 7 (detikINET/Rachmatunnisa)

Konektivitas


Galaxy On 7 dibekali konektivitas WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.0, GPS, dan dua slot SIM card 4G (TD-LTE 2300 MHz dan FDD-LTE 1800 MHz). Dua SIM card bisa aktif bersamaan. Namun Anda juga bisa mengaktifkan hanya satu jaringan 4G di salah satu SIM card, sementara lainnya bisa menggunakan 3G.

Galaxy On 7: Layar Besar, Awet Baterai Foto: detikINET - Anggoro Suryo Jati


Seperti fitur Smart Dual SIM pada umumnya, fungsi ini akan secara otomatis mengalihkan pamnggilan ke nomor ponsel di SIM card kedua, bahkan meski si pengguna sedang menggunakan nomor di SIM card pertama.

Ponsel ini juga mendukung USB on-the-go (OTG), sehingga pengguna bisa terkoneksi dengan drive OTG dengan mudah.

Performa

Soal performa, Galaxy On 7 dibekali Snapdragon 410 quad core dengan setiap core punya kecepatan 1,2 GHz. Pengujian menggunakan aplikasi benchmark Antutu, skor performa Galaxy On 7 menorehkan angka 27881.

Tidak ada masalah panas pada Galaxy On 7. Digunakan berlama-lama, suhu ponsel hanya sedikit hangat yang wajar. Nilai tambah lainnya yang penting, ponsel ini bekerja dengan mulus tanpa terjadi lag.

RAM 1,5 GB terbilang cukup untuk menjalankan sejumlah aplikasi. Namun akan lebih baik jika RAM-nya lebih lapang, paling tidak 2 GB. Untuk diketahui, rata-rata smartphone dengan spesifikasi selevel Galaxy On 7 sudah menawarkan RAM 2 GB.

Galaxy On 7: Layar Besar, Awet Baterai Foto: detikINET - Anggoro Suryo Jati


Catatan lainnya adalah soal memori internal pada ponsel ini. Perlu diingat, tak sepenuhnya kapasitas memori internal yang tersedia di ponsel bisa digunakan karena sebagian digunakan untuk sistem.

Sayangnya di Galaxy On 7, dari kapasitas memori internal 8 GB, hanya sekitar 4 GB yang bisa digunakan. Kita memang bisa memindahkan sejumlah aplikasi ke SD card. Meski demikian, ruang penyimpanan 4 GB tetap terbilang kecil, karena tidak semua aplikasi bisa dipindahkan ke SD card.

Untuk urusan daya tahan, kapasitas baterai 3.000 mAh bisa diandalkan. Dalam sekali charge, baterai bisa bertahan seharian dengan penggunaan full untuk media sosial, chat, main game dan menonton video, dengan kedua SIM card aktif di jaringan 4G LTE.

Dengan penggunaan minimal, umur daya tahannya bisa lebih panjang. Terdapat mode power saving dan ultra power untuk memperpanjang 'nafas' dalam kondisi kehabisan daya.

Opini detikINET

Sebagai ponsel yang menyasar segmen menengah berbanderol Rp 2,4 jutaan, Galaxy On 7 menawarkan layar, kualitas bodi dan kamera yang cukup bagus.

Baterai yang awet juga jadi nilai tambah ponsel ini. Hasil jepretan kamera utama terbilang bagus, meski untuk di kondisi low light kurang bisa diandalkan. Samsung juga belum melengkapi kamera utamanya dengan fitur HDR.

Beberapa catatan yang perlu diperhatikan, meski sudah memiliki prosesor yang cukup tangguh, Galaxy On 7 malah menggunakan kapasitas RAM yang nanggung yaitu 1,5 GB. Akan lebih baik jika Samsung menggenapinya menjadi 2 GB. Apalagi mengingat rata-rata ponsel di kelas spesifikasi yang sama (dengan harga lebih murah) menggunakan RAM 2 GB.

Galaxy On 7: Layar Besar, Awet Baterai Foto: detikINET - Anggoro Suryo Jati


Kapasitas memori penyimpanan internal pun jadi bahan pertimbangan penting. Makin besar kapasitasnya, makin banyak aplikasi atau data yang bisa disimpan. Sayangnya untuk Galaxy On 7, dari kapasitas memori internal 8 GB, hanya dijatah sekitar 4 GB yang bisa dipakai.

(+)

Display cerah

Kamera bagus

Baterai awet

Konektivitas dual SIM card 4G aktif bersamaan

(-)

Desain standar

Kapasitas RAM nanggung

Memori internal 8 GB hanya bisa dipakai 4 GB


(rns/ash)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed