BERITA TERBARU
Senin, 08 Ags 2016 15:30 WIB

Review Produk

Alpha 1S: Robot Humanoid yang Jago Joget

yud - detikInet
Foto: yud/detikINET Foto: yud/detikINET
Jakarta - Saat ini banyak hobi terkait teknologi yang bisa dimainkan pengguna, mulai dari sekadar radio kontrol hingga drone. Di luar itu, ada mainan baru yang layak dilirik. Dinamai Alpha 1S, ini adalah robot mini yang tak cuma bisa berjalan, bahkan menari.

Alpha 1S merupakan robot mini bikinan produsen asal China bernama UBTech. Secara tampilan, ia tampil menarik karena berbentuk humanoid. Artinya, robot ini bisa melakukan gerakan apapun yang bisa dilakukan manusia pada umumnya.

Untuk memungkinkan gerakan-gerakan bak manusia, Alpha 1S dibekali sejumlah titik servo yang berfungsi sebagai sendi-sendinya. Tercatat ada belasan servo yang jadi sumber gerakan robot Alpha 1S ini.

Di bagian belakang Alpha 1S juga ada port micro USB dan slot micro SD. Port micro USB berfungsi untuk menghubungkan Alpha 1S ke komputer. Sementara slot micro SD berguna untuk menyimpan file audio dengan format MP3 dengan bitrate maksimal 128 kbps.

Tapi bukan murni file audio yang disimpan, melainkan paduan dengan data gerakan yang sebelumnya sudah dibuat. Soal gerakan yang bisa dibikin sendiri, akan dibahas lebih lanjut di bawah.

Baterainya juga tahan lama. Dalam sekali pengecasan yang memakan waktu sekitar dua jam, pengguna bisa memainkan Alpha 1S antara 40 menit hingga satu jam penuh.

Kendali Lewat Aplikasi Ponsel

Sebagai kendali, Alpha 1S mengandalkan sambungan Bluetooh. Tapi sebelumnya pengguna wajib mendownload aplikasi pendukungnya dulu di Google Play. Aplikasi yang dimaksud juga menggunakan nama Alpha 1S.

Pertama kali dijalankan, aplikasi akan meminta pengguna untuk menghubungkannya dengan robot Alpha 1S. Seperti dijelaskan tadi, sambungannya menggunakan Bluetooth. Jadi pengguna hanya perlu mem-pairing ponsel dan robot Alpha 1S.

Setelah tahap penyambungan koneksi selesai, ada beberapa menu yang bisa dipilih yakni Action Square dan Gamepad. Sebelum bahas yang Action Square, kita ke Gamepad dulu. Sesuai namanya, menu Gamepad bisa digunakan pengguna untuk menggerakkan Alpha 1S.

Ada dua basis gerakan yang bisa dipilih yakni soccer player dan gladiator. pengguna akan disuguhkan tombol-tombol virtual di layar, seperti tanda panah ke kiri, kanan, atas dan bawah. Menggunakan tombol-tombol ini, pengguna bisa mengajak jalan-jalan Alpha 1S.

Namun selain itu, ada gerakan yang lebih spesifik yang bisa dicoba. Bila pengguna memilih soccer player, maka ada gerakan menendang bola hingga bahkan melakukan tekel yang bisa dilakukannya. Sedangkan kalau memilih gladiator, gerakan-gerakan aksi pertarungan bakal ditunjukkan robot ini.

Sekarang beralih ke menu Action Square, menu ini sebenarnya semacam pasar konten untuk Alpha 1S. Pengguna bisa menemukan sejumlah template gerakan yang bisa didownload. Menariknya, template gerakan-gerakan tersebut juga diiringi dengan lagu-lagu yang populer. Alhasil, Alpha 1S memang jadi kelihatan seperti menari mengikuti irama. Tercatat ada puluhan template gerakan yang bisa dipilih pengguna.

Di menu Action Square ini, pengguna juga bisa melihat video hasil upload pengguna Alpha 1S lainnya. Kebanyakan video isinya merupakan Alpha 1S yang melakukan gerakan hasil kreativitas pengguna. Dari sini pengguna bisa mengambil inspirasi bila ingin menciptakan gerakan sendiri.

Buat Gerakanmu Sendiri

Oh iya, untuk menciptakan gerakan sendiri, ada menu lainnya bernama Create actions. Tapi untuk menggunakannya pengguna harus buat akun dulu. Setelahnya, tekan tombol create untuk memulai bikin gerakan.

Aplikasi akan memberikan notifikasi kalau Alpha 1S akan kehilangan daya kunci di servonya ketika masuk mode Create. Tekan confirm, robot pun akan langsung seperti tak berdaya. Baiknya pengguna menahannya, karena bila tidak robot akan terhempas ke bawah.

Selanjutnya dalam kondisi ini pengguna tinggal menentukan gerakan-gerakan apa saja yang ingin bisa dilakukan Alpha 1S. Misalnya tangan diposisikan ke atas, kemudian tekan tombol 'Add' untuk menyimpan gerakan tersebut, dan seterusnya sesuai keinginan pengguna. Pengguna juga bisa mengatur berapa lama gerakan dilakukan menggunakan satuan milidetik, misal 500 milidetik.

Jadi tiap kali menentukan gerakan, pengguna menekan tombol 'add' hingga terbentuk semacam adegan. Pengguna juga bisa menjajalnya terlebih dahulu sebelum menyimpannya. Tapi pada akhirnya, bagus atau tidaknya gerakan bergantung pada kreativitas.

Pengguna juga bisa menambahkan lagu sebagai irama yang mengiringi gerakan yang sudah dibuat. Tapi untuk yang satu ini tidak bisa dilakukan lewat aplikasi ponsel. Pengguna harus mendownload aplikasi khusus untuk komputer di website resminya yang beralamat di ubtrobot.com.

Dalam aplikasi yang bernama AlphaRobot1s ini pengguna lebih bisa membuat konfigurasi gerakan yang lebih luas ketimbang yang di aplikasi. Namun kalau melihat tampilannya, aplikasi AlphaRobot1s kurang user friendly sehingga awalnya pengguna harus meraba-raba dulu. Akan lebih baik kalau UBTech memberikan tutorial di dalamnya.

Opini detikINET

Secara keseluruhan Alpha 1S tampil menarik, pasalnya robot ini bisa memberikan warna baru bagi pehobi di Indonesia. Meski begitu, level Alpha 1S bisa dibilang masih pemula. Sehingga sasarannya masih condong ke anak-anak, walau remaja juga termasuk segmen yang diincar.

Tanpa perlu repot-repot, buat yang sudah biasa pegang smartphone pasti langsung mahir memainkan Alpha 1S. Tapi terlepas dari itu, robot ini memang cukup bikin penasaran. Apalagi ketika tahu pengguna bisa membuat gerakan-gerakannya sendiri. Hanya saja butuh sedikit ketekunan untuk menciptakan satu gerakan yang menarik.



Setelah berhasil menciptakan gerakan yang menarik, pengguna pun bisa memamerkan ke teman-teman. Atau juga bisa menggunakan robot ini untuk tujuan lainnya, seperti di pementasan atau untuk menarik perhatian gadis pujaan. Semua bergantung pada inisiatif penggunanya.

Tertarik memboyongnya? Alpha 1S sudah mulai dibuka tahap pre order lewat Blibli dengan banderol promo seharga Rp 7 juta.

(yud/yud)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed