BERITA TERBARU
Senin, 08 Agu 2016 09:35 WIB

Hands On

Kesan Pertama Menjajal Galaxy Note 7

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: detikINET/Rachmatunnisa Foto: detikINET/Rachmatunnisa
New York - Seri perangkat phablet Samsung mengalami update signifikan di Galaxy Note 7, baik dari segi desain, kemampuan dan sejumlah fitur tambahan.

Break the option jadi tagline Galaxy Note 7, yang menunjukkan bahwa perangkat ini tak mengharuskan pengguna memilih opsi 'perangkat untuk bekerja' atau 'perangkat untuk kebutuhan personal'. Semua bisa dilakukan dengan satu perangkat ini.

Berikut adalah kesan pertama detikINET berkenalan dengan Galaxy Note 7 di New York, Amerika Serikat.

Desain dan display

Secara tampilan, Galaxy Note 7 mirip dengan Galaxy S7 Edge. Tampilan premium, dengan desain layar dual edge yang melengkung di kedua sisinya. Boleh dibilang Galaxy Note 7 tampak seperti Galaxy S7 Edge dengan tambahan stylus S Pen.

Ketika dicermati lebih dekat, baru terlihat perbedaannya. Sebagai seri phablet, Galaxy Note 7 punya layar lebih lebar dengan ukuran 5,7 inch. Ukuran ini membuatnya tampak lebih bongsor jika disandingkan dengan Galaxy S7 Edge.

Untungnya, Galaxy Note 7 tidak terasa seperti ponsel jumbo. Pas dalam genggaman. Dibandingkan dengan pendahulunya Galaxy Note 5, phablet ini memang dibuat lebih ramping dengan dimensi 153,5 x 73,9 x 7,9mm. Samsung juga membuat seri Galaxy Note terbaru ini menjadi lebih ringan dengan bobot 169 gram.



Dari segi layar, tampilannya jernih berkat teknologi Super Amoled 2560 x 1440 pixel dengan kerapatan 518ppi. Galaxy Note 7 pun 'bersahabat' dengan matahari. Ini menguntungkan ketika berada di kondisi terik,layar tetap bisa terlihat jelas.

Ada empat warna yang ditawarkan, Black Onyx, Blue Coral, Silver Titanium dan Gold. Di antara pilihan ini, warna terang seperti Gold yang dicoba detikINET mungkin akan sedikit mengganggu bagi yang tidak suka kotor. Pasalnya, handset mudah sekali berbekas sidik jari tangan sehingga harus sering melapnya jika tidak ingin terlihat jorok.



S Pen

Stylus S Pen tentu saja jadi fitur paling penting untuk seri handset Galaxy Note. Dan di Galaxy Note 7, Samsung memperbarui stylus andalannya tersebut dengan mendesainnya lebih tipis, menambahkan beberapa fungsi baru, dan lebih sensitif namun tetap terasa natural.

S Pen terasa halus saat dipakai menulis atau menggambar. Penggambarannya kurang lebih seperti menggoreskan pena di atas kertas, bukan pada display yang keras.

Untuk menggunakan S Pen juga mudah, karena display akan otomatis selalu menampilkan shortcut icon ke fitur S Pen, setiap kali stylus dikeluarkan dari tempatnya.
Ada tiga fungsi baru yang ditambahkan pada S Pen, pertama adalah Translate. Ketimbang repot meng-copy paste teks ke halaman Google Translate, Samsung mengintegrasikannya ke S Pen.



Jadi, kita bisa mengetahui arti teks hanya dengan mengarahkan S Pen ke teks yang dimaksud, dan arti dari teks yang ditunjuk akan langsung muncul. Karena berdasarkan data Google Translate, pilihan penerjemahan bahasa yang disediakan sangat banyak, termasuk bahasa Indonesia.

Bahkan, S Pen bisa juga menerjemahkan foto. Misalnya, saat sedang travelling, kita memotret menu makanan. Arahkan S Pen ke gambar menu, dan akan tampil terjemahan sesuai bahasa yang kita pilih. Menarik.

Fungsi lainnya adalah Magnify untuk memperbesar teks, dan Smart Select kini ditingkatkan kemampuannya sehingga memungkinkan pengguna membuat, menyimpan dan berbagi file animasi GIF.



Pemindai Iris

Ini dia yang tidak boleh dilewatkan, fitur yang memungkinkan pengguna mengakses ponsel (unlock) dengan pemindaian iris. Lebih cepat, hanya dengan mengarahkan mata ke kamera depan di ponsel.

Untuk bisa menggunakannya, pengguna tinggal menuju ke bagian Setting dan Lock Screen and Security untuk melakukan verifikasi iris mata. Di tahap ini, mata tidak boleh terhalang apa pun, termasuk kacamata dan lensa kontak.

Prosesnya mudah, perlu waktu kurang dari satu menit. Jika verifikasi sudah selesai, tinggal mengaktifkan fitur pemindaian iris untuk unlock ponsel.



Selanjutnya, pemindai iris sudah bisa digunakan. Cukup dengan melihat ke kamera dan posisikan mata sesuai dengan dua lingkaran yang akan muncul setiap kali kita akan membuka ponsel.

Hanya perlu hitungan detik untuk unlock ponsel dengan fitur ini. Saking cepatnya, detikINET cukup sulit mengabadikannya melalui jepretan foto. Pemindai iris juga tetap bisa mendeteksi mata dalam ruangan kurang cahaya.

Namun bagi beberapa orang yang menggunakan kacamata atau lensa kontak mungkin akan kesulitan. Sensor iris kadang tidak bisa mendeteksi ketika pengguna unlock menggunakan kacamata.



Kamera

Samsung membekali Galaxy Note 7 dengan kamera yang sama dengan yang dipakainya di Galaxy S7. Kamera utama 12 megapixel dengan lensa berbukaan f/1,7, optical image stabilization dan teknologi sensor dual pixel untuk autofokus yang lebih cepat.

Seharian menjajal kamera Galaxy Note 7, kualitas hasil jepretannya memuaskan. Berikut adalah beberapa hasil foto handset tersebut yang diambil detikINET dalam berbagai kondisi.












Anti Air


Galaxy Note 7 dibekali sertifikasi IP68 yang menjadikannya anti air dan debu. Fungsi anti air juga dibenamkan pada stylus S Pen. Di acara peluncurannya, Samsung mendemokan bagaimana ponsel ini masih bisa tetap bekerja, menulis dengan stylus sambil dicelupkan ke dalam air hingga 30 menit. Fungsi ini akan bermanfaat ketika kehujanan, atau bagi pengguna yang tangannya kerap basah terkena air karena pekerjaan tertentu.




Kesimpulan Sementara

detikINET belum akan memberikan kesimpulan akhir, mengingat baru perlu review secara penuh untuk mengetahui lebih dalam mengenai performa, pembaruan software, dan kemampuan fitur lainnya.

Sejauh ini, Galaxy Note 7 terlihat menjanjikan. Desain cantik, tahan air, S Pen lebih canggih, kamera dengan kualitas foto tidak mengecewakan dan fitur keamanan dengan pemindai iris jadi nilai jualnya.

Galaxy Note 7 tak hanya membawa seri Samsung Galaxy Note ke level berikutnya, tetapi juga membuat standar baru sebuah perangkat layar besar dengan stylus.




(rns/rou)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed