Selasa, 17 Mei 2016 10:43 WIB

Review Produk

Coolpad Max: Elegan dengan Dua Kepribadian

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: detikINET/Adi Fida Rahman Foto: detikINET/Adi Fida Rahman
Jakarta - Nama Coolpad mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Tapi di China, Coolpad tak kalah mentereng dari vendor papan atas lainnya.

Sejumlah produk telah Coolpad telurkan. Salah satu yang terbaru adalah Coolpad Max. Ponsel ini dirilis akhir tahun lalu di China. Tapi sudah siap menggebrak pasar ponsel Indonesia dalam waktu dekat.

Sejumlah keunggulan ditawarkan Coolpad Max. Tidak hanya tampilan luarnya saja, tapi juga spesifikasi mumpuni dan kaya akan fitur.

Layarnya berukuran 5,5 inch dan berlapis oleh Gorilla Glass serta kaca melengkung 2,5D pada bagian pinggirnya. Coolpad turut menyematkan sensor sidik jari pada bagian belakangnya.

Di China, Coolpad Max ditenagai Snapdragon 615 SoC. Tapi di Indonesia, ponsel ini ditenagai Snapdragon 617 SoC.  Perbedaannya terletak pada core prosesor yang disebut benar-benar berjumlah delapan, bukan dua quad core

Agar kian mumpuni, Coolpad turut menyematkan RAM 4 GB. Sementara memori internalnya cukup lapang, yakni 64 GB.

Tapi apakah semua itu benar-benar membuat kinerja Coolpad berjalan ngacir? Nah, detikINET berkesempatan untuk mengulas Coolpad Max ini untuk membuktikannya. Berikut hasilnya.

Desain Elegan

Saat menerima Coolpad Max, kami sudah terkesan dari kotak kemasaannya. Tampilannya simpel tapi berkesan mewah. Serasa ingin menunjukkan bahwa ponsel ini benar-benar dibuat dengan cita rasa premium.

Dan benar saja, ketika kotak kemasan dibuka, tampilan elegan Coolpad Max langsung terpancar. Terlebih unit yang datang berkelir emas jadi makin kental aura mewahnya.

Coolpad membuat seluruh bodi ponsel ini berbalut lapisan metal. Di bagian belakangnya terdapat dua garis antena di atas dan bawah bodi. Sejumlah rekan ada yang mengasosiasikan tampilan Coolpad Max dengan merek tetangga.

Tapi kami kurang setuju. Sebab ketika ditelaah lebih dekat dan merasakannya langsung, Coolpad Max ini tidak terlihat kemiripian di antara merek yang satunya lagi.

Bagian belakangnya dibuat sedikit melengkung meski tidak begitu ketara. Demikian pula sisi pinggirannya dibuat sedikit membulat. Semua itu membuat Coolpad Max nyaman dalam dekapan tangan. Tidak ditemui kendala ketika menggunakan ponsel ini dengan satu tangan.
Coolpad Max dibuat minim tombol fisik. Hanya ada tombol power dan volume. Sementara tombol navigasi dibuat virtual. Kita bisa menyembunyikan tombol virtual ini agar membuat layar makin lapang.

Kita dimungkinkan memilih tampilan tombol virtual tersebut, mau warna gelap atau terang. Selain itu kita dapat menentukan kombinasi agar disesuaikan dengan kebiasaan tangan. Untuk mengaturnya kita dapat membuka Setting > Virtual Key Settings.

Untuk port sendiri, Coolpad Max masih mengusung mini USB. Posisinya di bawah dan diapit oleh speaker di kanan dan kiri. Sementara di bagian atas hanya ada port Jack Audio.

Sensor Sidik Jari Kilat

Coolpad Max dilengkapi pemindai sidik jari. Posisinya berada di bagian belakang, tepatnya di tengah persis di bawah kamera. Sensor fingerprint ini dapat mendukung hingga lima jari.

Saat ponsel berada dalam genggaman, kami begitu mudah menggunakan sensor sidik jari ini. Tidak perlu meraba, jari telunjuk seolah telah mengenali posisinya.

Hanya ketika ponsel ini berada di meja, jadi sedikit repot untuk menggunakan sidik jari. Untuk mempermudah kita baiknya memasukkan pass code.

Kemampuan sensor sidik jari sendiri harus diacungi jempol. Sebab dapat membaca sidik jari 'tuannya' dengan begitu cepat, bahkan dibandingkan iPhone 6S. Saat jari kami basah karena keringat pun tetap mudah dikenali.

Tapi kemampuan sensor sidik jari ini tidak sekadar membuka lock screen. Lebih dari itu, salah satunya menggantikan tombol power.

Jadi saat ingin menghidupkan layar kembali, tidak perlu menekan tombol power. Cukup sentuh sensor fingerprint dengan jari, seketika layar akan menyala kembali.

Kamera

Tidak bisa disangkal kamera menjadi faktor yang mempemengaruhi seseorang membeli smartphone. Hal ini cukup disadari oleh Coolpad. Karena itu, ponselnya ini tersemat kamera yang cukup mumpuni.

Coolpad Max punya kamera depan 5 megapixel, sedangkan kamera belakangnya berukuran 13 megapixel. Coolpad melengkapi kamera belakang ponselnya dengan teknologi Phase Detection Auto Focus untuk menjaga kestabilan ketika menangkap gambar.

detikINET lantas menjajal memotret. Interface aplikasi kamera cukup sederhana. Bagian atas tombol flash, HDR,  beralih ke kamera depan dan ikon tiga titik. Ketika menekan ikon tiga titik tadi, kita akan menemui pilihan pemoteretan, yakni Long Exposure, Panorama, Gif, Sound & Shot, Refocus dan PicZom.

Di bagian bawahnya ada pilihan Menu yakni Night, Video, Photo, Beauty dan Pro. Kita tinggal mengeser layar saja untuk berganti menu tersebut. Khusus video ada pilihan resolusi 1080p, 720p dan 480p.

Sedangkan Photo ada pilihan filter di sudut kanan bawah. Sementara Beauty ada pilihan tingkatan. Sementara Pro ada sejumlah pilihan pengaturan, mulai dari ISO, Exposure dan lain-lain.

Bagaimana hasilnya? Cukup memuaskan. Kami menggunakan mode standar, foto yang dihasilkan terang, tajam dan detail. Kami pun tidak kesulitan membuat foto macro.

Sementara ketika digunakan di kondisi cahaya temaram, terbantu dengan menu Night. Saat kami memotret di malam hari, hasil foto cukup terang meski tidak menggunakan flash.

Foto selfie sendiri cukup terang meski tidak tersedia LED Flash. Agar makin mempercantik, ada fitur Beauty. Untuk mempermudah memotret, bisa menekan tombol volume atau menyentuh sensor sidik jari.

Berikut sejumlah hasil jepretan Coolpad Max:


Dual Space

Coolpad Max mengusung Cool UI 8.0 berbasis Android 5.1.1. Tampilannya simpel, memiliki app drawer seperti iOS. Jadi pengguna pemula dapat mudah memakainya.

Kita dimungkinkan untuk bergonta-ganti tema. Coolpad menyediakan sejumlah tema yang dapat diunduh secara gratis lewat Theme Store.

Sejumlah fitur disematkan di dalamnya. Ada Zen Mode untuk membuat tidur lelap tanpa terganggu oleh ponsel, lalu ada C-Button yang mirip Assistive Touch di iOS serta Dual Space. Fitur ini mampu memisahkan kehidupan pribadi Anda dengan kehidupan profesional, tanpa perlu menggunakan dua buah smartphone berbeda.

Fitur Dual Space seperti membuat satu ponsel memiliki dua kepribadian. Sebab, pengguna bisa mempunyai dua profil, yaitu Public Space dan Private Space. Ini artinya, pengguna bisa memiliki dua akun seperti WhatsApp, Facebook, Line, BBM dan bermacam aplikasi media sosial lainnya dalam satu smartphone.

Menariknya aplikasi di Private Space tetap berfungsi meski tengah menggunakan Public Space. Jadi ponsel akan tetap menampilkan notifikasi dari aplikasi di Private Space. Tapi untuk membukanya kita harus beralih terlebih dulu dari Public ke Private Space.

Cara menggunakan Private Space cukuplah mudah. Kita hanya menekan aplikasi bergambar kunci. Seketika kita akan masuk ke mode Private Space.

Seperti layaknya ponsel anyar, kita perlu memasukkan akun Google untuk mengunduh aplikasi di Play Store. Begitu pula ketika menjalankan aplikasi WhatsApp, kita diminta untuk memasukan nomor lagi.

Untuk kembali ke mode Public Space juga sama mudahnya. Kita cukup menekan ikon aplikasi bergambar Home saja.

Performa

Perpaduan Snapdragon 617 dengan RAM 4 GB cukup ampuh memberikan performa yang lancar. Kami coba menggunakan untuk sejumlah pekerjaan secara bersamaan, mulai pengetikkan, foto, rekam suara hingga pengiriman pesan.

Transisi antar layar berjalan mulus. Perpindahan antar aplikasi pun tidak menemui kendala. Barulah saat digunakan main game berat seperti Asphalt 8, performa Coolpad Max benar-benar teruji yang beruntung bisa dilahap dengan lancar.

Agar makin menyakinkan kami melakukan uji benchmark. Adapun hasilnya sebagai berikut:
- Antutu  : 44.342
- Geekbench 3 Singel Core : 703
- Geekbench 3 Multi Core : 2.305
- Quadrant :  22.034
- 3D Mark Sling Shot ES 3.1 : 372
- GFXBench T-Rex HD : 17 fps
- Vellamo Metak : 1.226
- Vellamo Multicore : 1.705

Opini detikINET

Desain elegan jelas jadi keunggulan pertama yang dimiliki Coolpad Max. Kesan tersebut sejatinya bisa langsung didapat saat pertama kali melihatnya.

Secara performa, Coolpad Max pun terbilang oke. Untuk penggunaan sehari-hari sudah dari cukup. Namun memang ketika performa Coolpad Max digeber habis-habisan, bagian belakangnya menjadi agak sedikit panas. Hal ini sebenarnya umum terjadj pada sejumlah ponsel dengan bodi metal. Tapi untungnya Coolpad menyertakan casing agar membuat tangan nyaman menggenggam ponsel ini.

Tapi isu tersebut seolah tertutupi oleh sejumlah kelebihan Coolpad Max. Meski layarnya 5,5 inch, dimensi ponsel ini masih nyaman digenggam satu tangan.

Harapan kami Coolpad menyediakan mode one hand, agar pengguna yang bertangan mungil dapat lebih lincah menggunakan ponsel ini dengan satu tangannya.

Layar Coolpad juga terang dan tajam. Alhasil, menikmati hiburan di dalamnya jadi menyenangkan. Apalagi kualitas speakernya juga cukup memanjakan telinga.

Patut pula dipuji, Coolpad masih menyertakan headphone dalam paket pembelian. Padahal sejumlah vendor memilih tidak lagi memberikannya. Headphone yang diberikan Coolpad pun berkualitas baik.

Fitur Dual Space pastinya jadi fitur yang paling dijagokan dari ponsel ini. Terutama bagi pengguna dengan sejumlah aktivitas dan peran, sehingga tidak diperlukan lagi membawa banyak ponsel lagi agar dapat memiliki WhatsApp atau BBM terpisah. Karena fitur ini seolah membuat kita punya dua ponsel. Fitur keamanan Dual Space juga telah menjadi pertimbangan Coolpad untuk lebih meyakinkan pengguna.

Keunggulan lainnya pada baterai. Memang dengan bodi yang bongsor, seharusnya Coolpad memberikan baterai berkapasitas besar. Tapi ini hanya membekali 2.800 mAh.

Namun demikian, kemampuan baterai ini sudah cukup mendukung aktivitas selama seharian. Bila pun habis, dengan adanya fitur Quick Charging, kita bisa mengisi baterai dengan cepat. Saat kami coba, tidak sampai sejam, baterai sudah terisi penuh.

Kesimpulannya, bila Anda ingin mencari ponsel dengan tampilan elegan dan dapat mendukung aktivitas keseharian. Coolpad Max ini bisa jadi pertimbangan utama. (afr/ash)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed