BERITA TERBARU
Selasa, 28 Feb 2017 07:52 WIB

Laporan dari Barcelona

Hands-on Nokia 3310: Mau Hijrah atau Sekadar Nostalgia?

Ardhi Suryadhi - detikInet
Foto: ash/detikcom Foto: ash/detikcom
Barcelona - Nokia sukses membetot perhatian di pesta seluler dunia Mobile World Congress (MWC) 2017 yang berlangsung di Barcelona, Spanyol. Uniknya, mereka tak melakukannya dengan smartphone super canggih, tetapi 'menjual' nostalgia.

Ya, seperti diketahui, 'senjata nostalgia' yang dimaksud adalah Nokia 3310. Bukan pula seri Nokia 3, Nokia 5 atau Nokia 6 yang secara desain, kemampuan dan harga jauh lebih premium. Melainkan Nokia 3310 yang dulu pernah menyabet gelar ponsel sejuta umat yang kini dihidupkan kembali.

Hal ini disaksikan langsung detikINET ketika menyambangi booth Nokia di perhelatan MWC 2017 Barcelona. Booth yang berlokasi di hall 3 MWC 2017 itu terlihat sangat ramai pengunjung. Dan tentu saja yang menjadi bintang utamanya adalah Nokia 3310.


Penasaran, detikINET pun langsung ikut menerobos kerumunan pengunjung untuk ikut menjajal feature phone yang dihargai di kisaran Rp 700 ribu ini. Dan seperti inilah hasilnya.

Kesan Pertama

Simple. Ya itulah kesan pertama yang dirasakan detikINET ketika merengkuh bodi Nokia 3310. Maklum saja, dengan label feature phone, perangkat ini jauh dari hingar bingar sebuah smartphone.

Bobot yang ringan jelas terasa dari ponsel berlayar 1,5 inch ini yang langsung bisa didekap sempurna oleh tangan. Cover yang digunakan menggunakan material plastik mengkilap berkelir merah, abu-abu, kuning, putih dan biru gelap.

Hands-on Nokia 3310: Mau Hijrah atau Sekadar Nostalgia?Foto: ash/detikcom
Menurut keterangan tim Nokia, gonta-ganti casing yang dulu sangat ngetren di ponsel lawasnya sejatinya juga bisa dilakukan di Nokia 3310 edisi 2017 ini. Namun dengan catatan, ganti casing hanya bisa dilakukan untuk cover belakang. Tak lagi sebebas dulu.

Pun demikian dari segi 'wajah', Nokia 3310 ini terbilang mirip dengan kembarannya di masa silam. Cuma ya pasti ada bagian yang dipoles sehingga sedikit tampil modern.

Bagi mereka yang sudah jengah atau dipusingkan dengan berbagai fitur di ponsel pintar, mungkin ada baiknya kembali menjajal Nokia 3310. Sebab fitur yang ada di handset ini cuma seadanya. Ya, benar-benar dibekali fitur sederhana. Mulai dari jaringan 2,5G, bluetooth, daftar kontak, OS Series 30+, sampai game.

Hands-on Nokia 3310: Mau Hijrah atau Sekadar Nostalgia?Foto: ash/detikcom
Hands-on Nokia 3310: Mau Hijrah atau Sekadar Nostalgia?Foto: ash/detikcom
Nah, bicara soal game, nilai jual Nokia 3310 lainnya adalah kembalinya game Snake yang ketika tahun 1999-2000 silam begitu fenomenal. Meski secara tampilan ada sedikit perubahan namun gaya main yang dihadirkan tetap sama. Dimana pemain harus memakan buah yang disediakan tanpa boleh mengenai bagian tubuh si ular.

Beranjak ke bagian kamera, Nokia 3310 juga dilengkapi dengan penangkap gambar 2 megapixel. Dari keterangan di atas kertas sudah ketahuan ya soal kemampuannya. Pokoknya jangan berharap gambar yang wah ketika tombol shutter ditekan.

Hands-on Nokia 3310: Mau Hijrah atau Sekadar Nostalgia?Foto: ash/detikcom
Namun lain halnya ketika persaingannya dialamatkan kepada daya tahan baterai. Pasalnya, dengan segala keterbatasannya yang ada, Nokia 3310 ini dijanjikan daya tahan baterai selama satu hari penuh untuk mode talktime. Sementara dalam posisi standby, bisa sampai satu bulan!

Jadi dengan segala keterbatasan yang ada, apakah Anda benar-benar mau 'hijrah' seutuhnya dari smarphone ke feature phone dengan fitur pas-pasan yang ada? Jika Anda merupakan seorang 'smartphone banget', sepertinya akan susah.

Tetapi lain hal jika Anda sudah lelah dan termasuk ke dalam kategori orang-orang ingin keluar dari gemerlap ponsel pintar. Ya, itu bisa saja. Atau juga ini bisa dikategorikan sebagai perangkat kedua hingga ditujukan khusus bagi para orang yang sudah juga tak ingin eksis di mana-mana. Oh ya, harganya dipatok 49 euro atau di kisaran Rp 700 ribu.

(ash/yud)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Minggu, 27 Mei 2018 20:10 WIB
    Go-Jek kini telah resmi hadir di Gorontalo. Kehadiran layanan ini melalui kemitraan dengan para pengemudi becak motor atau yang sering disebut dengan bentor.
  • Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Minggu, 27 Mei 2018 19:03 WIB
    Jutaan pengguna WhatsApp tak bisa menggunakan layanan chat milik Facebook tersebut. Kebijakan pemblokiran ini diberlakukan bagi pengguna di bawah 16 tahun.
  • Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Minggu, 27 Mei 2018 17:07 WIB
    Seri M bisa dibilang adalah lini kamera jagoan buatan Leica. Umurnya pun terbilang panjang, seperti seri M7, yang pertama dirilis pada 2002 silam.
  • Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Minggu, 27 Mei 2018 16:16 WIB
    Menteri Kominfo Rudiantara menargetkan penggelaran kabel serat optik untuk Palapa Ring paket tengah akan selesai pada Agustus dan bisa beroperasi September.
  • Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Minggu, 27 Mei 2018 15:10 WIB
    Bagi yang berinvestasi Bitcoin harus waspada. Mata uang digital paling populer ini ternyata masih jadi primadona para pelaku kejahatan siber di seluruh dunia.
  • Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Minggu, 27 Mei 2018 14:06 WIB
    Essential kini ada di ujung tanduk. Sebab, pengembangan ponsel baru di bawah naungan bapak Android terancam dibatalkan, bahkan sampai perusahaannya mau dijual.
  • Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Minggu, 27 Mei 2018 13:02 WIB
    Selain memperluas akses jaringan 4G, operator seluler XL Axiata yang identik dengan warna biru itu juga melakukan perluasan jaringan 4,5G di 100 kota/kabupaten.