Kamis, 16 Feb 2017 16:16 WIB

Review Produk

EOS M5, Mirrorless Terbaik Canon Saat Ini

Enche Tjin - detikInet
Foto: Enche Tjin Foto: Enche Tjin
Jakarta - Canon EOS M5 merupakan kamera mirrorless Canon yang diumumkan pertama kali di ajang pameran akbar Photokina bulan September tahun 2016 yang lalu, dan juga sudah diluncurkan di Indonesia tanggal 1 Desember 2016 di Lombok.

Canon EOS M5 merupakan kamera mirrorless terbaik Canon saat ini. Bentuknya lebih compact dibandingkan kamera DSLR. Sekilas, bentuk Canon EOS M5 ini seperti kamera DSLR mini karena memiliki jendela bidik di bagian atas kamera.

EOS M5, Mirrorless Terbaik Canon Saat IniFoto: Dok. Canon
Kamera ini diperuntukkan sebagai kamera penghubung (bridge camera) bagi yang pengguna kamera DSLR yang ingin kamera yang lebih ringan dan untuk pengguna kamera compact seperti Canon Powershot G yang membutuhkan sistem kamera yang lebih canggih dengan kemampuan untuk berganti lensa.

EOS M5, Mirrorless Terbaik Canon Saat IniMenu timelapse movie. Foto: Enche Tjin
EOS M5, Mirrorless Terbaik Canon Saat IniTampilan info seperti pada kamera compact Canon Powershot. Foto: Enche Tjin
EOS M5, Mirrorless Terbaik Canon Saat IniTampilan info seperti pada kamera DSLR Canon. Foto: Enche Tjin
Untuk memenuhi kebutuhan pengguna kamera DSLR, tuas dan tombol kamera ini cukup banyak dan lengkap. Ada roda dial depan, belakang, kompensasi exposure dan dial function. Dial function yang unik ini bisa diprogram menjadi untuk berfungsi sebagai dial ISO, WB, autofocus dan sebagainya. Tombol-tombol juga cukup lengkap dan beberapa diantaranya bisa dikustomisasi sesuai kesukaan penggunanya.

EOS M5, Mirrorless Terbaik Canon Saat IniFoto: Enche Tjin
Canon EOS M5 punya layar LCD yang bisa ditekuk ke atas atau kebawah untuk selfie. Layar LCD 3.2 inci ini sangat detail karena resolusinya mencapai 1.6 juta titik, sedangkan LCD kamera lain pada umumnya memiliki layar hanya sekitar 3 inci dengan resolusi 900 ribu sampai 1 juta titik.

Layar LCD yang relatif besar ini juga dilengkapi dengan teknologi touchscreen, yang bisa digunakan untuk mengganti setting, menu, area fokus dan motret. Layar LCDnya bisa diputar ke atas sebesar 85 derajat dan 180 derajat ke bawah untuk selfie. Sementara itu jendela bidik EVF-nya tergolong standar, dengan resolusi 2,3 juta titik dengan panel OLED.

Kecepatan autofokus yang selama ini kurang begitu baik di kamera Canon mirrorless generasi awal, tidak masalah lagi di Canon EOS M5 karena sensornya sudah disematkan teknologi Dual pixel yang biasanya didapatkan di kamera DSLR semi pro seperti 70D dan 80D saat live view. Kecepatan autofokus sudah dapat diterima untuk subjek diam. Untuk subjek bergerak agak cepat seperti pemain skateboard, autofokusnya agak kewalahan mengikuti subjek tersebut.

Kualitas gambar Canon EOS M5 setara dengan kamera Canon generasi tahun 2015-2017. Sensor 24MP ini pertama kali ditemui di Canon 750/760D, kemudian di Canon 80D. Kualitas gambarnya di atas Canon EOS M1,2,dan 10.

Sensor APS-C 24MP yang ber-crop factor 1.6X ini cukup baik untuk digunakan di ISO 100-1600, di ISO 3200 detail sedikit mulai berkurang tapi masih bisa diterima, ISO 3200 keatas sebaiknya digunakan jika sangat membutuhkan.

EOS M5, Mirrorless Terbaik Canon Saat IniISO 3200, 1/25 detik, f/5.6, 18mm Foto: Erwin Mulyadi
EOS M5, Mirrorless Terbaik Canon Saat IniCrop 100% dari foto diatas Foto: Erwin Mulyadi
Lensa yang saya gunakan untuk menguji kamera ini adalah EF-M 18-150mm f/3.5-6.3 dan 15-45mm f/3.5-5.6. Kualitas lensa 18-150mm lebih baik dari lensa 15-45mm dari hal ketajaman dan kontras, tapi lensa 15-45mm lebih lebar.

Lensa 18-150mm ukurannya cukup ramping, sesuai dengan bodi kamera yang mungil. Lensa ini juga fleksibel zoomnya, Hampir dapat dibilang lensa ini lensa sapujagat karena sangat fleksibel zoomnya. Kualitas gambarnya juga termasuk cukup baik, tapi sayangnya bukaan lensanya dari 60mm sampai 150mm, maksimumnya f/6.3, menjadikannya kurang ideal digunakan di kondisi gelap misalnya untuk memotret konser musik atau pementasan tari.

Begini urutan bukaan maksimum lensanya: 18mm f3.5, 24mm f4, 35mm f5, 50mm f5.6, 60 sampai dengan 150mm f6.3.

Koleksi lensa Canon EOS M jauh lebih sedikit dari lensa Canon EF/EF-S untuk DSLR, tapi untung ada adaptor Canon EF - EOS-M yang memungkinkan pengguna EOS M5 untuk mengunakan kamera Canon DSLR jika memilikinya.

Saat mencobanya tahun lalu di Photokina, kecepatan autofokus cukup cepat saat mengadaptasi lensa Canon untuk DSLR, karena teknologi Dual pixelnya. Kinerjanya hampir sama dengan lensa mirrorless EF-M. Perlu diingat juga kecepatan autofokus lensa juga tergantung dari motor fokus di lensa juga. Pada dasarnya lensa yang dilengkapi USM, atau STM performanya sudah baik.

Kesimpulan
Canon EOS M5 merupakan kamera mirrorless yang cukup lengkap dan praktis fiturnya. Mudah digunakan dan merupakan produk Canon yang memiliki desain antar muka dan menu yang bagus sehingga memudahkan pengguna kamera DSLR Canon sekaligus pengguna kamera compact Canon untuk bisa dengan cepat beradaptasi dalam memakainya.

Fitur kamera ini juga cukup lengkap untuk saat ini. Bagi yang suka foto dan video, Canon EOS M5 dapat menghasilkan foto yang oke dan untuk penggemar video sudah ada fasilitas penunjang seperti mic-port, digital & optical stabilization. EOS M5 cocok dipilih oleh penghobi foto & video yang menyukai kamera yang ringkas dan mudah dioperasikan dan menghasilkan foto sekualitas kamera DSLR.

Kelebihan
- Banyak tombol dan roda/dial untuk mengganti setting dengan cepat
- Layar LCD besar (3"2 inci) dan resolusi tinggi (1.6 juta titik)
- Layar LCD touchscreen
- Ada dudukan hotshoe untuk flash
- Ada jendela bidik elektronik
- Ada port mic untuk video
- Wifi bluetooth rendah energy
- Tiga pilihan timelapse movie otomatis
- Relatif ringan dan compact
- Pengaturan picture style cukup komprehensif
- Area autofokus bisa diatur ukuran normal dan kecil
- Saat merekam video ada image stabilization optik dan digital
- Beberapa tombol dapat dikustomisasi
- Ada mode custom C1, C2
- Touch AF bisa di dimatikan jika diinginkan

Kelemahan
- Auto ISO tidak bisa dikonfigurasi minimum shutternya
- Saat diaktifkan, Auto ISO cenderung memilih shutter 1/60 detik
- Resolusi video belum ada pilihan 4K
- Indikator baterai kurang informatif (tidak ada tanda %).
- Tidak memiliki electronic shutter
- Bahan body sebagian besar dari plastik, terasa kurang kokoh
- Tidak weathersealed
- Tidak bisa di charge dengan powerbank melalui USB

Spesifikasi Canon EOS M5
- 24MP CMOS APS-C sensor 1.6 X crop factor
- Full HD video 60 fps
- Jendela bidik elektronik 2.3 juta
- Layar LCD 3.2 inci
- Layar touchscreen, 1.6 juta titik
- ISO 100-25600
- Continuous shooting 9 foto per detik
- WiFi
- Berat 428 gram
- Dimensi 116.8 x 88.9 x 61.0 mm (asj/asj)
Foto: Enche Tjin
ISO 100, f/11, 1/125 detik + flash - 48mm - m5 dengan 18-150mm. Foto: Enche Tjin
crop 100% dari foto sebelumnya. Foto: Enche Tjin
iso 200, f/5.6, 1/60 detik, 35mm. Foto: Enche Tjin
iso 1600, f/5.6, 1/5 detik, 47mm. Foto: Enche Tjin
iso 400, f/4.5, 1/60 detik, 31mm. Foto: Enche Tjin
ISO 100, 15mm f/6.3, 1/8 - m5 dengan 15-45mm. Foto: Enche Tjin
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed