Selasa, 06 Des 2011 11:57 WIB

Sosok

Ollie dan Semangat Nulisbuku.com

- detikInet
Jakarta - Publish your dream! Ungkapan yang tertera di situs Nulisbuku.com ini seolah menjadi penyemangat bagi para penulis independen yang ingin menerbitkan buku. Sejak diperkenalkan pertama kali pada 8 Oktober 2010, situs ini mampu menarik perhatian mereka yang kepentok berbagai kendala saat bersusah payah menerbitkan buku.

Konsep menawarkan layanan penerbitan untuk membantu mewujudkan impian penulis menerbitkan buku secara gratis dan mudah, menjadi daya tarik utama. Posisinya sebagai situs online self-publishing pertama di Indonesia, membuat situs ini mendapat sambutan luar biasa. Terbukti, hingga saat ini tercatat sebanyak 10.000 anggota berlomba memasarkan karya mereka.

Nah, di balik keberadaan Nulisbuku, ada sosok penting yang membawa situs ini mendapatkan tempat istimewa. Dialah Aulia Halimatussadiah atau akrab disapa Ollie. Berawal dari pengalaman pribadinya kesulitan menerbitkan buku, Ollie, yang hobi menulis dan berkecimpung di bisnis online sejak 2006, tertantang menerbitkan buku dengan caranya sendiri.

"Salah satu buku saya sulit diterbitkan karena tidak sesuai dengan idealisme penerbit. Jika saya yang sudah menerbitkan 15 buku saja masih kesulitan menerbitkan sebuah buku, bagaimana dengan teman-teman pemula. Maka saya punya ide untuk membuat Nulisbuku," papar Ollie.

Butuh waktu enam bulan bagi Ollie dan tiga rekannya Angeline Anthony, Brilliant Yotenega dan Oka Pratama, untuk membangun dan merencanakan kemunculan Nulisbuku. Konsep online self-publishing juga menjadi tantangan tersendiri bagi Ollie mengingat ini adalah terobosan baru di tengah pemikiran konvensional.

Seiring perkembangannya, situs ini kemudian berubah menjadi usaha penerbitan online yang mendatangkan keuntungan, baik bagi pendiri maupun anggotanya.

Meski masih dalam format beta, Nulisbuku sudah membantu banyak penulis independen memasarkan karya mereka. Ada 1.000 judul buku yang telah diterbitkan bersama Nulisbuku. Para penulis tersebut terdiri dari berbagai kalangan dengan rentang usia 15 - 60 tahun.

Ini sesuai dengan keinginan sang pendiri situs untuk memungkinkan siapa saja bisa menjadi penulis dan menerbitkan buku yang mereka impikan. "Agar semakin banyak ide yang dituangkan ke tulisan dan disebarkan untuk kebaikan bersama," kata wanita berkerudung ini.

Lulusan Universitas Gunadarma jurusan Teknologi Informasi ini punya cara tersendiri mempromosikan Nulisbuku. Gelaran kampanye '99 writers in 9 days' mendapat respons sangat baik. Ollie mengaku sangat bersemangat menemukan banyak sekali anak muda Indonesia yang bermimpi menjadi penulis.

Antusiasme ini tak disia-siakan Ollie untuk sekalian menciptakan komunitas yang diberi nama Nulis Buku Club (NBC). Soal ekspansi jangan ditanya, Ollie mengklaim komunitas ini sudah tersebar di Jakarta, Bandung, Jogja, Malang, Madura, Surabaya, Palembang, Makassar, Balikpapan dan Medan.

Rencananya, NBC juga segera merambah Bekasi, Bogor, Solo dan Semarang. Eksistensi komunitas inilah yang dengan cerdik dimaksimalkan Ollie sebagai salah satu alat memperluas pasar.

Promosi Nulisbuku dengan gigih dilakukan penyuka traveling dan fotografi ini. Cara lainya, melalui social media seperti Facebook dan Twitter. "Ini untuk engage dengan customer kita, para penulis muda," kata Ollie yang pekan lalu sibuk mengawal perhelatan Pesta Blogger ON|OFF 2011 sebagai Chairwoman.

Tak lupa, bentuk ekspansi lain turut digencarkan. Yakni menjalani proses kerjasama untuk merilis aplikasi Nulisbuku di iPad dan perangkat Android. Ollie pun bercita-cita Nulisbuku segera memasuki pasar buku digital.

Seiring pertambahan jumlah anggotanya, Nulisbuku terus berbenah. Sederet fitur tambahan sedang dikembangkan untuk lebih memudahkan para penulis berkarya. "Website kami akan terus tumbuh. Mudah-mudahan tahun depan sudah bisa full version," harap blogger yang juga aktif ngetweet melalui akun @salsabeela ini.

Siapa sangka, passionnya di dunia tulis-menulis berbuah manfaat bagi banyak orang. Kepada mereka yang juga ingin berbisnis online, sedikit wejangan ini mungkin bisa menularkan semangat.

"Find your passion and solve a problem in it. Find a partner to run the business. Plan and schedule the launch of your business. And commit to it," tutup Ollie.



Profil

Nama lengkap: Aulia Halimatussadiah
Tanggal Lahir: 17 Juni 1983


Pekerjaan

Chief Technology Officer NulisBuku.com, Oktober 2010 - sekarang
Situs online self-publishing

Chief Marketing Officer Tempalabs, Oktober 2010 - sekarang
Game studio yang fokus mengembangkan fokus game Flash, social game dan mobile game untuk Android

Director Tukusolution, Agustus 2007 - sekarang
Jasa konsultan web

Director Kutukutubuku.com, Februari 2006 - sekarang
Toko buku online


(rns/ash)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed