http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png

Google Bisa Deteksi Lokasi Foto Tanpa Geotag

Anggoro Suryo Jati - detikinet
Jumat, 26/02/2016 18:35 WIB
Google Bisa Deteksi Lokasi Foto Tanpa Geotag Foto: PlaNet
Jakarta - Kepintaran Google terus bertambah setiap harinya. Yang terbaru adalah kecerdasan buatan yang bisa mendeteksi lokasi foto dijepret tanpa harus menggunakan geotag.

Program ini bernama PlaNet, yang sudah 'dilatih' untuk mendeteksi lokasi dari obyek yang ada di dalam foto. 'Pelatihnya' sendiri ada sekitar 90 juta foto ber-geotag yang terdapat di dunia maya.

Sekadar informasi, geotag adalah data koordinat yang ditempelkan ke metadata sebuah foto, sehingga bisa mendeteksi lokasi foto tersebut dijepret.

Sebagai contoh, PlaNet akan bisa mengenali sebuah foto yang dijepret di Paris, jika di dalam tersebut ada menara Eiffel. Namun ini adalah contoh yang terlalu mudah bagi PlaNet, dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (26/2/2016).

Program ini juga punya teknik pengenalan yang lebih canggih tanpa membutuhkan bangunan terkenal seperti menara Eiffel, karena ia juga bisa bermacam jenis jalanan ataupun rumah.

Pembuat PlaNet adalah sejumlah engineer yang dipimpin oleh Tobias Weyand. Mereka juga menguji PlaNet dengan mengambil sekitar 2,3 juta foto dari Flickr yang mempunyai geotag, tanpa memberi akses ke data GPS tersebut.

Hasilnya? PlaNet punya akurasi 3,6% dalam tingkat jalanan dan 10,1% di tingkat kota. Akurasi itu terus meningkat di level yang lebih tinggi, yaitu 28,4% di tingkat negara dan 48% di tingkat kontinen. (asj/ash)


Baca Juga
Foto Video Terkait



Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Indonesia Darurat 4G?

Kalau bukan sekarang, kapan lagi? Ya, inilah kira-kira urgensi yang akhirnya membuat layanan 4G LTE dikomersialisasi di Indonesia. Di sisi lain, layanan 3G dianggap masih belum optimal penyebarannya, termasuk 2G yang masih banyak penggunanya.
Pro
0%
Kontra
0%


Must Read close