http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png
 
 

Foxconn Bandingkan Pabrik di China dengan Indonesia

Zulfi Suhendra - detikinet
Senin, 13/01/2014 19:17 WIB
http://us.images.detik.com/content/2014/01/13/319/192136_foxconndlm.jpg Foxconn (ist)
Jakarta - Foxconn Technology Group sempat meminta fasilitas lahan kepada pemerintah terkait rencana pembangunan pabrik komponen ponsel di Indonesia. Perusahaan asal Taiwan tersebut meminta fasilitas itu karena mendapat lahan dari pemerintah China.

Hal tersebut dikatakan oleh Menteri Perindustrian MS Hidayat saat ditemui di Kantor Kementerian Perindustrian, Jalan Gatot Soebroto, Jakarta, Senin (13/1/2013).

"Foxconn itu punya 10 pabrik di China, dia bekerjasama dengan pemerintah China untuk disediakan lahan. Jadi relatif lebih mudah," kata Hidayat.

Mantan Ketua Kadin ini menyebutkan Foxconn sempat meminta kemudahan yang sama kepada pemerintah Indonesia. Namun apa daya, pemerintah tidak bisa berbuat apa-apa karena kawasan industri kini dikelola oleh swasta bukan oleh pemerintah.

"Tadinya dia ingin meng-copy itu di Indonesia. Tapi kita nggak bisa begitu," imbuhnya.

Hidayat mengatakan, dirinya tidak mengetahui sampai dimana perundingan yang dilakukan Foxconn dengan mitra lokal. Menurutnya Agung Sedayu Grup masih menjadi mitra Foxconn bersama Erajaya Swasembada.

"Ada bisnis negosiasi yang saya tidak bisa mencampuri," tutup Hidayat.

(zul/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Permen Situs Negatif, Menurut Anda?

Pro kontra Permen Kominfo no 19 Tahun 2014 tentang Penanganan Situs Internet Bermuatan Negatif terus mengemuka. Lantas bagaimana dengan Anda terkait kehadiran Permen yang mengatur tata cara pelaporan situs yang masuk daftar hitam sensor Trust+ Positif ini?
Pro
32%
Kontra
68%


Must Read close