http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png
 
 

Genjot Pelanggan Seluler, Indosat Andalkan IM3

Achmad Rouzni Noor II - detikinet
Jumat, 06/09/2013 19:17 WIB
http://us.images.detik.com/content/2013/09/06/328/screenshot.jpg (ilustrasi/indosat.com)
Jakarta - Indosat coba menambah sedikitnya tiga juta pelanggan baru dari segmen seluler prabayar IM3 di rentang waktu yang tersisa sebelum 2013 berakhir. Saat ini jumlah pelanggan Indosat mencapai 56,5 juta.

Lewat program IM3 Play yang diluncurkan, dalam waktu yang tersisa tiga-empat bulan lagi, diyakini bisa menambah sedikitnya tujuh juta pelanggan baru per bulannya atau sekitar 21 juta hingga akhir tahun.

Namun dengan churn rate yang cukup tinggi, dengan perbandingan 1:7 dari kartu perdana yang dilepas, maka angka maksimal yang bisa diraih jadi pelanggan hanya sekitar 1 juta hingga 1,5 juta per bulan atau sekitar 15%.

"Program IM3 Play ini kami titikberatkan untuk akuisisi pelanggan baru di akhir Q3 hingga Q4. Ya jumlahnya jutaan per bulan," kata M Andre Reinaldy, Division Head Youth & Mass Segment Indosat di JCC, Jakarta, Jumat (6/9/2013).

IM3 sengaja digenjot karena segmen prabayar yang disasar untuk pengguna usia muda 13-25 tahun ini memberikan kontribusi cukup besar bagi kinerja Indosat. Dari jumlah penggunanya saja, IM3 mengambil porsi 80% dari total pelanggan seluler Indosat keseluruhan.

Sementara dari sisi kontribusi revenue, IM3 yang menghasilkan average revenue per user (ARPU) Rp 25,2 ribu ini memberikan kontribusi 60% dari pendapatan total perusahaan.

Layanan terbaru IM3 menawarkan kuota data 4,8 GB per bulan untuk chatting dan social media, serta ratusan menit telepon gratis dan ribuan SMS lintas operator.

Lewat program semacam ini, Indosat mencatat jumlah aktivasi pelanggan bisa mencapai 250 ribu hingga 280 ribu per hari. Mayoritas hanya bertahan sekitar tiga bulan sebelum churn, namun jika tetap bertahan sampai enam bulan lebih biasanya akan jadi pelanggan tetap.

(rou/rns)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Rudiantara Cocok Jadi Menkominfo?

Dengan latar belakanganya sebagai seorang profesional di industri telekomunikasi, Rudiantara dianggap pas menempati kursi menkominfo. Lantas, bagaimana dengan Anda, apa berpendapat sama?
Pro
73%
Kontra
27%


Must Read close