http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png
 
 

Sempat Batal, Forum Internet Dunia Dipastikan Hadir di Bali

Trisno Heriyanto - detikinet
Selasa, 06/08/2013 09:49 WIB
Halaman 1 dari 3
http://us.images.detik.com/content/2013/08/06/328/093115_persononcomputer4.jpg
Jakarta - Indonesia dipastikan bakal menjadi tuan rumah penyelenggaran Internet Governance Forum (IGF) ke-8. Acara tersebut akan berlangsung di Nusa Dua, Bali pada 22 – 25 Oktober 2013.

Acara tersebut sebelumnya terancam batal, bahkan Kepala Humas dan Pusat Informasi Kementerian Kominfo Gatot S. Dewa Broto sempat memastikan bahwa forum internet dunia itu batal dilaksanakan di Indonesia.

"Setelah sempat dalam ketidakjelasan selama 2 minggu terakhir, Indonesia tetap akan menjadi tuan rumah IGF bulan Oktober 2013 di Bali," jelas Gatot, kepada detikINET Selasa (6/8/2013).

Beberapa kendala mengiringi gelaran tersebut di Indonesia, terutama soal ketersediaan anggaran untuk mendukung acara yang berlangsung selama 4 hari itu.

Dipaparkan Gatot, IGF 2013 membutuhkan biaya sekitar Rp 22 miliar. Dimana dari penyelenggara Id-IGF sudah terkumpul Rp 9 miliar, sedangkan Kementerian Kominfo memberi alokasi dana Rp 2,5 miliar. Jadi kurang dana sekitar Rp 10,5 miliar. Sempat pula tambahan dana diajukan lewat APBN-P atau dari anggaran BP3TI, tapi urung terlaksana.

Sumber detikINET menyatakan, sejumlah pihak saat ini telah menyatakan komitmennya untuk membantu kekurangan dana penyelenggaraan IGF. Salah satunya adalah Google yang siap memberi dukungan dana sebesar USD 200 ribu, tapi itu pun rasanya masih belum cukup.

Pun begitu acara yang akan diikuti oleh 2.500 para pemangku kepentingan di bidang Internet dari penjuru dunia itu akan tetap dilaksanakan di Indonesia. Tak disebutkan oleh Kominfo dari mana suntikan dana berasal.Next

Halaman 1 2 3
(eno/eno)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Permen Situs Negatif, Menurut Anda?

Pro kontra Permen Kominfo no 19 Tahun 2014 tentang Penanganan Situs Internet Bermuatan Negatif terus mengemuka. Lantas bagaimana dengan Anda terkait kehadiran Permen yang mengatur tata cara pelaporan situs yang masuk daftar hitam sensor Trust+ Positif ini?
Pro
25%
Kontra
75%


Must Read close