http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png

 
 

Memilih Lensa Fix untuk Canon EOS 500D

Enche Tjin - detikinet
Kamis, 25/07/2013 15:38 WIB
Halaman 1 dari 2
http://us.images.detik.com/content/2013/07/25/1353/500ddalem.jpg Canon EOS 500D (GettyImages)
Jakarta - Saya bingung memlih lensa fix untuk Canon 500D. Lebih bagus mana kualitas canon 50mm f1.4 dengan 85mm f1.8? Apa ada lensa rekomendasi lain dengan dana yang terbatas? Terimakasih :)

(Ib Bathya Angga N, Pria)


Jawaban:

Kedua lensa yang dipertimbangkan biasanya populer digunakan untuk foto portrait karena kemampuan membuat latar belakang blur dengan mulus akibat bukaan maksimum lensa yang besar.

Tapi kedua lensa ini tidak cocok untuk memotret objek berukuran kecil karena tidak bisa fokus jarak dekat seperti lensa makro. Menurut saya, kedua lensa memiliki harga yang cukup pantas untuk harganya.

Dipasang di kamera Canon 500D yang sensornya crop/APS-C, maka 50mm dan 85mm agak sedikit lebih sempit sudutnya dibandingkan jika dipasang di kamera DSLR full frame atau SLR film. 50mm akan memberikan sudut pandang sekitar 31 derajat dan 85mm akan memberikan sudut 18.5 derajat.

Dalam praktiknya, 50mm itu cukup lega untuk memotret portrait orang 1/2 sampai 3/4 badan dan bisa memuat dua orang dengan relatif mudah. Artinya, kita tidak usah mundur terlalu jauh untuk memasukkan subjeknya. Kalau 85mm agak lebih sempit, cocoknya untuk foto portrait close-up (wajah). Next

Halaman 1 2
(sha/ash)
http://us.images.detik.com/content/2013/02/22/1204/copyofenche-tjinbaru2.jpg Enche Tjin Enche Tjin mengenal fotografi sejak tahun 1998 saat menuntut ilmu di jurusan Desain Komunikasi Visual. Di tahun 2007, ia beralih ke fotografi digital. Enche aktif di dalam menulis buku, blog, artikel untuk media massa, dan menyelenggarakan kursus kilat serta tur fotografi. Enche juga menerima jasa fotografi terutama event dan portrait. Website: infofotografi.com, Twitter: @infofotografi.





Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Rudiantara Cocok Jadi Menkominfo?

Dengan latar belakanganya sebagai seorang profesional di industri telekomunikasi, Rudiantara dianggap pas menempati kursi menkominfo. Lantas, bagaimana dengan Anda, apa berpendapat sama?
Pro
73%
Kontra
27%


Must Read close