http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png
 
 

Kolom Telematika

e-KTP, Kartu Jakarta Sehat Jokowi, dan Mimpi Smart City

Penulis: Suhono Harso Supangkat - detikinet
Jumat, 14/06/2013 16:42 WIB
Halaman 1 dari 4
http://us.images.detik.com/content/2013/06/14/398/164517_kjs.jpg Kartu Jakarta Sehat (detikfoto)
Jakarta - Pada konferensi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) e-Indonesia Initiatives Forum ke-9 di ITB, Direktur Perkotaan Bappenas mendapat pertanyaan peserta, apakah DKI Jakarta itu sudah bisa disebut sebagai kota cerdas?

Jawaban yang muncul adalah relatif baik atau kurang dibandingkan dengan kota lain di dalam negeri atau luar negeri.

Sampai saat ini belum ada pengukuran yang bisa diterima secara tegas untuk menilai apakah kota itu cerdas atau belum, termasuk definisi kota cerdas itu sendiri. Kita coba lihat kasus DKI yang saat ini banyak diberitakan mempunyai inovasi-inovasi baru untuk pelayanan suatu kota.

Jokowi-Ahok telah meluncurkan 3 kartu dalam program 100 hari pemerintahan di DKI, mulai dari kartu cerdas, kartu sehat hingga uang elektronik untuk pembayaran trans Jakarta.

Selain itu perekaman rapat-rapat yang kemudian diunggah di YouTube ataupun pelelangan jabatan menggunakan TIK merupakan inovasi atau terapi kejutnya.

Namun menarik juga berita beberapa hari terakhir, tentang keberadaan Kartu Jakarta Sehat (KJS), menuai beberapa masalah, seperti mundurnya beberapa rumah sakit dalam melayani Kartu Jakarta ini.

Rumah sakit merasa dirugikan. Selain itu ketidaksiapan sarana dan prasarana yang memadai untuk pelayanan ini menyebabkan keluhan pasien yang harus dilayani.Next

Halaman 1 2 3 4
(ash/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Permen Situs Negatif, Menurut Anda?

Pro kontra Permen Kominfo no 19 Tahun 2014 tentang Penanganan Situs Internet Bermuatan Negatif terus mengemuka. Lantas bagaimana dengan Anda terkait kehadiran Permen yang mengatur tata cara pelaporan situs yang masuk daftar hitam sensor Trust+ Positif ini?
Pro
28%
Kontra
72%


Must Read close