http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png
 
 

Lamongan 'Sulap' Enceng Gondok dari Hama Jadi Pembangkit Listrik

Eko Sudjarwo - detikinet
Senin, 27/05/2013 15:24 WIB
http://us.images.detik.com/content/2013/05/27/398/152748_mouencenggondok1.jpg Suasana MoU (eko/detikINET)
Lamongan - Lamongan bakal menjadi salah satu daerah di Indonesia yang memiliki pembangkit listrik dengan bahan baku terbarukan, yaitu enceng gondok dan sampah organik. Di akhir tahun ini, pembangkit listrik itu ditargetkan sudah bisa operasional dengan produksi listrik 1 Megawatt.

Kepastian pembangunan pembangkit listrik energi terbarukan tersebut seiring ditandatangani nota kesepakatan bersama (Memorandum of Understanding) antara Pemkab Lamongan dengan Hyacinth Energy BV dari Amsterdam Belanda bersama Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) di Guest House Pemkab Lamongan, Senin (27/5/2013).

Hyacinth Energy BV dalam kesempatan itu diwakili pimpinan perusahaannya, Hans J Hendrick, sedangkan ITS diwakili Ketua Badan Kerjasama Inovasi dan Bisnis Ventura, Surya Widodo dan Pemkab Lamongan diwakili Bupati Fadeli.

Fadeli mengatakan, dari tahapan yang sudah ada, direncanakan pembangkit ini sudah operasional di akhir tahun 2013.

Fadeli pun berharap Pemkab Lamongan memberi bantuan sepenuhnya agar semua tahapan terpenuhi sehingga di akhir tahun 2013 pembangkit listrik enceng gondok ini benar-benar sudah operasional dan berproduksi.

"Semua pihak saya harap bisa membantu hingga proyek pembangkit listrik tenaga enceng gondok dan sampah organik ini bisa segera terwujud akhir tahun ini," ungkapnya.

Lebih jauh, Fadeli mengatakan, enceng gondok di Lamongan selama ini memang menjadi hama pengganggu yang sulit dicarikan solusinya. Di kawasan Bengawan Jero, mulai hulu hingga hilir ditutupi enceng gondok dengan ukuran yang sangat besar.

"Dengan adanya pembangkit listrik dari enceng gondok ini saya berharap agar permasalahan enceng gondok segera bisa diatasi," pungkasnya.

(fat/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Pro Kontra Index »

Rudiantara Cocok Jadi Menkominfo?

Dengan latar belakanganya sebagai seorang profesional di industri telekomunikasi, Rudiantara dianggap pas menempati kursi menkominfo. Lantas, bagaimana dengan Anda, apa berpendapat sama?
Pro
77%
Kontra
23%


Must Read close