http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png
 
 

Asha 501, 'Smartphone' Rp 1 Jutaan dari Nokia

Fino Yurio Kristo - detikinet
Jumat, 10/05/2013 10:10 WIB
http://us.images.detik.com/content/2013/05/10/317/1dlm.jpg Nokia Asha 501 (nokia)
Jakarta - Nokia meresmikan anggota baru ponsel di keluarga Asha, yaitu Asha 501. Dengan sistem operasi baru di dalamnya, Nokia mengklaim Asha 501 adalah sebuah smartphone alias ponsel cerdas, bukan feature phone.

Ponsel dengan harga USD 99 atau di kisaran Rp 1 juta ini menjalankan platform software baru bernama Asha OS dari Smarterphone, perusahaan yang diakuisisi Nokia di 2012. Asha OS bisa menampilkan interface bernama Fastlane, yang menunjukkan daftar aplikasi sedang diakses, update jejaring sosial ataupun kontak.

"Dengan platform Asha yang baru, developer bisa membuat aplikasi berkualitas yang sebelumnya hanya ada di smartphone high end," kata Marco Agenti, head of Developer Experiences Nokia.

Beberapa aplikasi menarik sudah ada di OS tersebut. Termasuk CNN, eBuddy, ESPN, Facebook, Foursquare, LinkedIn dan Twitter. Ada juga game dari Electronics Arts, Gameloft dan Namco Bandai.

Asha 501 memiliki layar 3 inch kapasitif 240 x 320 pixel dengan 133ppi. Spesifikasi lainnya meliputi kamera 3,2 megapixel, Wi Fi, baterai yang diklaim dapat bertahan stand by sampai 48 hari, memori internal 128MB dan slot microSD. Namun konektivitasnya masih 2G.

Asha 501 yang punya berbagai pilihan warna menarik ini akan segera dirllis pada bulan Juni ke 90 negara. Demikian seperti dikutip detikINET dari PCMag,Jumat (10/5/2013).


(fyk/fyk)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Rudiantara Cocok Jadi Menkominfo?

Dengan latar belakanganya sebagai seorang profesional di industri telekomunikasi, Rudiantara dianggap pas menempati kursi menkominfo. Lantas, bagaimana dengan Anda, apa berpendapat sama?
Pro
73%
Kontra
27%


Must Read close