http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png

Sidak ke Roxy Mas, Gita Wirjawan Kaget Banyak HP Ilegal

Zulfi Suhendra - detikinet
Rabu, 08/05/2013 12:54 WIB
http://us.images.detik.com/content/2013/05/08/398/125745_gitasidak2.jpg Gita Wirjawan di Roxy Mas (zul/detikFinance)
Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag) Gita Wirjawan kaget dengan kenyataan banyaknya produk elektronik ilegal seperti ponsel yang beredar di ITC Roxy Mas. Hari ini Gita melakukan inspeksi mendadak (sidak) di pusat ponsel di Jakarta tersebut.

Saat datang di Roxy sekitar pukul 11.00 WIB, Gita langsung menuju ke beberapa toko. Di salah satu toko, Gita langsung melihat-lihat produk BlackBerry terbaru Z10.

Hasil penelusurannya, ternyata ada produk-produk ponsel pintar itu kartu garansinya sudah kadaluarsa, bahkan sudah berakhir pada 2005 lalu. Hal ini jelas-jelas melanggar aturan. Selain itu ditemukan juga, ada produk ponsel BlackBerry yang buku manualnya belum berbahasa Indonesia, sehingga seharusnya tidak dijual di Indonesia. Produk tersebut hanya mengantongi izin edar di Malaysia.

Setelah menelusuri beberapa toko, Gita pun langsung menuju gudang-gudang di kawasan tersebut. Hasilnya cukup mengejutkan, ia melihat tempat pembuatan garansi duplikat alias ilegal.

"Wah ini ternyata banyak sekali ya yang ilegal di sini, bukan hanya ilegal tapi diselundupkan," kata Gita keheranan saat sidak di ITC Roxy, Rabu (8/5/2013).

(zul/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Pro Kontra Index »

Permen Situs Negatif, Menurut Anda?

Pro kontra Permen Kominfo no 19 Tahun 2014 tentang Penanganan Situs Internet Bermuatan Negatif terus mengemuka. Lantas bagaimana dengan Anda terkait kehadiran Permen yang mengatur tata cara pelaporan situs yang masuk daftar hitam sensor Trust+ Positif ini?
Pro
25%
Kontra
75%


Must Read close