http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png

Kolom Telematika

'Senjata' Anyar Dunia Bisnis Bernama Cloud Computing

Penulis: Andreas Kagawa - detikinet
Minggu, 21/04/2013 14:38 WIB
Halaman 1 dari 4
http://us.images.detik.com/content/2013/04/21/319/andreaskagawa300.jpg Andreas Kagawa (vmware)
Jakarta - Cloud computing telah berkembang jauh melampaui sekedar kata yang banyak dibicarakan di Asia Pasifik. Teknologi ini telah menjelma menjadi alat bagi sebuah perusahaan untuk memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan para pesaingnya.

Bahkan, para pelaku bisnis telah meramalkan bahwa pertumbuhan bisnis akan dipengaruhi oleh cloud computing sebagai bagian integral dari strategi dan TI perusahaan.

Seperti yang terlihat dalam VMware Cloud Index 2012, sebuah studi dari VMware dan dilakukan oleh Forrester Consulting pada Oktober 2012, banyak perusahaan yang mengakui jika cloud computing sebagai 'enabler' bagi bisnis mereka.

Dari 220 responden Indonesia yang disurvei, sebanyak 80% menyatakan rencana bisnis pada 2012 dan 2013 mencakup pertumbuhan dan/atau ekspansi. Dimana sekitar 41% di antaranya menyatakan sudah mengadopsi solusi atau pendekatan cloud dan 59% mengaku telah mendayagunakan teknologi cloud selama setahun lalu.

Adapun organisasi yang menyatakan belum memiliki inisiatif cloud ada separuhnya (51%). Mereka menyatakan, berencana menerapkan satu inisiatif dalam 18 bulan ke depan. Berdasarkan perkiraan tersebut, tingkat penetrasi cloud di Indonesia bisa melampaui 70% pada kuartal pertama 2014.

Prioritas CIO

Namun, karena permintaan inisiatif komputasi awan terus meningkat, CIO dan departemen TI juga mulai melihat bahwa peran mereka terus berkembang. Alih-alih menjadi sekadar pembangun jasa, mereka sekarang diharuskan untuk menjadi pemimpin TI yang mendorong perubahan substantif di seluruh organisasi. Next

Halaman 1 2 3 4
(ash/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Nokia Android bakal Menggigit?

Nokia resmi memperkenalkan tiga seri Nokia X yang sudah mengusung sistem operasi Android. Mampukah tiga ponsel kelas menengah itu menggaet perhatian pasar?
Pro
52%
Kontra
48%


Must Read close