http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png
 
 

Web Defacement: Cuma Pamer Hingga Mau Jadi 'Pahlawan'

Penulis: IGN Mantra - detikinet
Rabu, 06/03/2013 13:34 WIB
Halaman 1 dari 4
http://us.images.detik.com/content/2013/03/06/398/hack.jpg Ilustrasi (Ist.)
Jakarta - Web Defacement atau biasa disebut Web Gravity adalah sebuah kegiatan hacking yang sangat digemari oleh anak-anak muda saat ini di belahan dunia manapun.

Sebab dengan melakukan aksi web defacement, eksistensi dan popularitas mereka langsung menanjak dan mendapat ajungan jempol di kalangan hacker (bad hacker) dan underground, semakin cepat mereka berhasil menjebol dan meng-hack sistem komputer orang lain semakin naik 'kasta' mereka.

Nah, apa sih sebenarnya kegiatan web defacement ini? Penulis akan mengulas sedikit demi sedikit bagi para pembaca yang belum begitu paham dengan kegiatan ini.

Web Defacement atau Web Gravity merupakan sebuah kegiatan 'mencorat-coret' web orang/institusi, 'corat-coret' ini bisa dalam bentuk warna-warni, inject kata-kata umpatan yang tidak semestinya (menghujat), kata-kata proklamasi si hacker misalkan 'hacked by Dr. Kruzz' atau sekadar mengganti web asli dengan web bajakan si hacker.

Tujuan pelaku melakukan web defacement bermacam-macam, menurut catatan penulis ada 5 tujuan dari kegiatan ini:

1. Mengejar Popularitas

Biasanya hacker dan kelompoknya berlomba-lomba untuk menjebol sistem web server dan meletakkan identitas mereka di halaman web (home page) atau sub page, dengan harapan siapapun yang membuka web tersebut maka identitas mereka dapat terbaca dengan jelas.Next

Halaman 1 2 3 4
(ash/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Pro Kontra Index »

Rudiantara Cocok Jadi Menkominfo?

Dengan latar belakanganya sebagai seorang profesional di industri telekomunikasi, Rudiantara dianggap pas menempati kursi menkominfo. Lantas, bagaimana dengan Anda, apa berpendapat sama?
Pro
73%
Kontra
27%


Must Read close