http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png
 
 

Survei 4ICU

Waduh! Peringkat Kampus Indonesia Melorot

Achmad Rouzni Noor II - detikinet
Jumat, 01/02/2013 11:15 WIB
Halaman 1 dari 2
http://us.images.detik.com/content/2013/02/01/398/4icu460.jpg
Jakarta - Peringkat kampus asal Indonesia dilaporkan mengalami penurunan dalam enam bulan terakhir. Kampus Indonesia yang sempat menembus Top 100 dunia, bahkan kini tak masuk 200 besar versi pemeringkatan World University Rankings yang dipublikasikan lembaga 4 International College & University (4ICU) pada edisi Januari 2013.

Padahal, dalam edisi Juli 2012 yang juga dipublikasikan 4ICU, Indonesia sempat diwakili kampus ITB dalam daftar top 100 dunia. Namun seperti dikutip detikINET dari situs 4icu.org, Jumat (1/2/2013), kali ini tidak ada wakil dari Indonesia yang masuk Top 200 dunia.

Tak cuma itu, peringkat wakil Indonesia di Top 100 Asia pun mengalami penurunan. Kampus UGM, ITB, dan UI hanya menempati peringkat 53, 69, dan 84. Padahal sebelumnya, ketiga Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tersebut menempati posisi ke 13, 37, dan 69 di wilayah Asia.

Meski demikian, ketiga kampus itu masih menjadi jawara di negeri sendiri untuk peringkat Top 10 Indonesia. Di dalam daftar itu, Universitas Gunadarma juga masih mempertahankan posisinya sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang menembus peringkat 10 besar nasional.

Sementara di posisi Top 10 dunia, kampus dari Amerika Serikat masih merajai dengan urutan tiga besar seperti edisi Juli 2012 yaitu MIT, Stanford, dan Harvard.

Dominasi China pada sepuluh besar di Wilayah Asia juga dilaporkan menurun. Sebelumnya China menempatkan 7 perguruan tinggi dalam top 10 Asia, namun kini hanya ada 4 kampus saja yang berhasil masuk. Tiga besar Asia ditempati oleh Univerity of Tokyo, National University of Singapore, dan Peking University.

Dalam edisi terbaru ini, 4ICU juga menambahkan dua parameter dari majestic SEO yaitu Citation Flow dan Trust Flow. Di edisi sebelumnya hanya menggunakan parameter reffering domain dari Mejestic SEO, selain Google pagerank dan Alexa Traffic Rank.Next

Halaman 1 2
(rou/rns)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Tifatul Sembiring Sukses Kawal Kominfo?

Tifatul Sembiring resmi mundur dari kursi menteri komunikasi dan Informatika (menkominfo). Nah, setelah lima tahun menjabat, apakah Tifatul terbilang sukses mengemban amanah, mengawal dan memajukan TIK Indonesia?
Pro
45%
Kontra
55%


Must Read close