http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png
 
 

Klinik Internet Security

Apa Antivirus Gratis dan Tangguh untuk Android?

Konsultan: Alfons Tanujaya - detikinet
Jumat, 18/01/2013 14:50 WIB
Apa Antivirus Gratis dan Tangguh untuk Android? android security
Jakarta - Ada dan apakah Antivirus gratis yang paling baik buat android?

(Ilham Nur Faizi, 12th, Pria)

Jawaban [Vaksincom] :

Ilham yang baik. Antivirus untuk Android banyak sekali dan yang gratis tidak kalah performanya dengan yang berbayar.

Adapun beberapa antivirus tersebut antara lain :

Antivirus FREE (AVG), avast! Mobile Security, McAfee Antivirus & Security, Sophos Security & Antivirus, G Data Antivirus Free, Dr. Web Anti-virus Light, Mobile Security & Antivirus (Trend Micro), Norton Security & Antivirus dan Kaspersky Mobile Security Lite. Kamu bisa lihat detailnya di sini.

Kalau menentukan antivirus yang paling baik sangat relatif. Kalau kamu melihat dari jumlah download yang paling banyak pilih Antivirus FREE (AVG) atau avast! Mobile Security yang di instal oleh lebih dari 10 juta pengguna.

Tetapi hal ini tidak menjamin bahwa program ini yang terbaik dan paling cocok untuk kamu. Jadi silahkan kamu coba beberapa produk di atas untuk mengetahui yang cocok dengan kebutuhan kamu.

Selain program antivirus, Vaksincom menyarankan para pengguna Android khususnya versi 4.0.3 ke bawah (di bawah Jelly Bean) untuk mempertimbangkan menggunakan aplikasi USSD filter. Hal ini sangat penting karena eksploitasi celah keamanan USSD dengan hanya mengakses satu situs web yang telah dipersiapkan terlebih dahulu sehingga memungkinkan eksekusi USSD code secara otomatis tanpa meminta persetujuan dari pemilik smartphone.

Meskipun kamu sudah menginstal program antivirus, USSD filter tetap diperlukan karena umumnya antivirus Android tidak memproteksi dari ancaman celah keamanan. Kerugian potensial yang dapat terjadi adalah :

- Kartu SIM terblokir (sampai minta PUK)

- Transfer pulsa yang memanfaatkan USSD

- Factory reset

Salah satu aplikasi USSD filter gratis yang dapat kamu gunakan adalah G Data USSD Filter yang dapat diunduh di siniyang akan mencegah eksekusi otomatis kode USSD jika Android Anda mengakses internet.


(jsn/ash)
http://us.images.detik.com/content/2012/08/02/1204/112824_alfons500.jpg Alfons Tanujaya Alfons Tanujaya mantan bankir yang merintis karir di dunia IT sejak tahun 1998, tahun 2000 mendirikan PT. Vaksincom dan aktif mendedikasikan waktu untuk memberikan informasi dan edukasi tentang malware dan sekuriti bagi komunitas IT Indonesia melalui mailing list vaksin@yahoogroups.com. Alfons juga aktif menjadi nara sumber bagi media nasional dan menulis artikel malware dan sekuriti pada media IT terkemuka di Indonesia sampai saat ini. Penggemar kuliner ini dapat dihubungi di alfons@vaksin.com, Facebook dan Twitter @vaksincom.





Baca Juga



Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Indonesia Darurat 4G?

Kalau bukan sekarang, kapan lagi? Ya, inilah kira-kira urgensi yang akhirnya membuat layanan 4G LTE dikomersialisasi di Indonesia. Di sisi lain, layanan 3G dianggap masih belum optimal penyebarannya, termasuk 2G yang masih banyak penggunanya.
Pro
0%
Kontra
0%


Must Read close