http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png
 
 

'Pejabat Mesum' Jadi Alat Penyebar Malware di Facebook

Trisno Heriyanto - detikinet
Selasa, 08/01/2013 13:19 WIB
http://us.images.detik.com/content/2013/01/08/323/download.jpg
Jakarta - Cara-cara tak senonoh makin sering digunakan para penyebar program jahat di Facebook, dan kali ini menggunakan video 'pejabat mesum' sebagai umpan.

Jebakan ini sebenarnya adalah varian lain dari malware 'autolike' yang baru-baru ini menghebohkan warga Facebook Tanah Air. Namun dengan menawarkan video mesum, maka disinyalir cukup banyak pengguna yang terkecoh.

Malware ini menyebar melalui status pengguna yang terinfeksi, isinya kurang lebih mengajak para teman korban untuk melihat video asusila antara oknum pejabat dengan siswi SMU yang sebenarnya tidak ada.



Saat diklik, maka calon korban dibawa ke situs baru yang sarat dengan gambar tak pantas. Di situ juga terpampang sebuah kotak konfirmasi yang menawarkan calon korban ingin terus melihat atau tidak.

Jika calon korban menekan tombol 'Oke Lanjut' maka pengguna akan dituntun untuk melakukan beberapa langkah pengambilalihan akun. Cara ini terbilang berbelit, namun siapa sangka tetap banyak calon korban yang terbius untuk terus melakukan.

"Sampai saat ini jumlahnya (korban-red) sekitar 3.000-an, tapi yang mengakses situs 'pejabat mesum' sudah 100 ribu," kata Alfons Tanujaya, pakar Antivirus dari vaksincom kepada detikINET, Selasa (8/1/2013).



Ujung-ujungnya, tak satu video pun yang akan ditemui korban. Para pengguna yang sudah kadung terjebak justru diminta untuk menginstal aplikasi gadungan bernama 'Xperia Smartphone from Sony'. Selain itu korban akan diajak berkeliling ke situs tak senonoh lainnya dan juga situs abal-abal yang berpromosi.


(eno/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Rudiantara Cocok Jadi Menkominfo?

Dengan latar belakanganya sebagai seorang profesional di industri telekomunikasi, Rudiantara dianggap pas menempati kursi menkominfo. Lantas, bagaimana dengan Anda, apa berpendapat sama?
Pro
77%
Kontra
23%


Must Read close