http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png

 
 

Kolom Telematika

Operator Telko & Pemain OTT: Kawan atau Lawan?

Penulis: Mochamad James Falahuddin - detikinet
Jumat, 21/12/2012 10:51 WIB
Halaman 1 dari 4
http://us.images.detik.com/content/2012/12/21/398/ponsel285.jpg Ilustrasi (Ist.)
Jakarta - Serbuan penyedia layanan Over The Top (OTT player) yang menimbulkan fenomena dumb pipe, pipa bandwidth penuh, tapi revenue turun, masih membuat penyedia layanan telekomunikasi galau hingga saat ini.

Ledakan jumlah smartphone dan tablet device, dari yang kelas premium semacam iPhone/ iPad dan Galaxy S/ Tab, kelas menengah seperti RIM, dengan BBM-nya yang masih ramai peminat di negeri ini, hingga kelas low end yang dimotori oleh OS Android memberikan keuntungan tersendiri bagi para OTT player, besar ataupun kecil.

Bahkan Microsoft yang sudah sekian lama merajai pasar desktop dengan produk Windows dan Office, dipaksa untuk keluar dari comfort zone untuk bertansformasi menjadi salah satu OTT player dengan Windows 8 yang dibuat untuk mobile device.

Jumlah smartphone/tablet yang luar biasa banyak ini berarti semakin banyak aplikasi miliki OTT player yang dijalankan oleh pengguna, dimana hal ini juga berarti permintaan layanan data semakin tinggi.

Di sisi lain, kebiasaan orang untuk berbicara via smartphone semakin lama semakin menurun, digantikan dengan kebiasaan mengobrol via layanan chat seperti BBM atau Whatsapp dan Line yang sekarang mulai meningkat popularitasnya.

Ataupun kalau terpaksa harus berbicara atau teleconference, sebagian kita sekarang lebih memilih menggunakan Skype.

Kehadiran OTT Player ini memang bagaikan buah simalakama bagi operator telekomunikasi. Di satu sisi lonjakan trafik data yang diakibatkan aplikasi OTT ini menjadi beban, karena tidak ada revenue yang di-share oleh OTT kepada operator. Next

Halaman 1 2 3 4
(ash/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Rudiantara Cocok Jadi Menkominfo?

Dengan latar belakanganya sebagai seorang profesional di industri telekomunikasi, Rudiantara dianggap pas menempati kursi menkominfo. Lantas, bagaimana dengan Anda, apa berpendapat sama?
Pro
73%
Kontra
27%


Must Read close