http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png
 
 

BBM 7 Bisa Telepon via WiFi, Apa Kata Operator?

Susetyo Dwi Prihadi - detikinet
Jumat, 14/12/2012 10:10 WIB
http://us.images.detik.com/content/2012/12/14/328/bbm7.jpg
Jakarta - Layanan instant messaging terbaru di BlackBerry, BlackBerry Messenger (BBM) 7, bisa dipakai untuk menelpon melalui WiFi. Nah, apa kata operator mengenai fungsi terbaru itu yang mungkin akan mengambil lahan voice?

"Kalau bicara fitur bisa menelpon seperti ditawarkan BBM 7 itukan sudah ada layanan sejenis, seperti Skype berbasis Voice Internet Protocol (VoiP). Bagi Indosat itu bukan masalah bagi kami," kata Director and Chief Commercial Officer Indosat Erik Meijer, kepada detikINET, Jumat dini hari.

Menurutnya, ada dua hal yang membuat dia yakin BBM 7 tak akan menyerobot lahan operator di segmen voice, karena menelpon lawan bicara tak memerlukan pulsa.

"Kami tidak khawatir, pertama karena orang menelpon itukan bisa setiap saat tak bisa menunggu dapat WiFI atau belum," kata pria asal Belanda yang sudah fasih berbahasa Indonesia tersebut.

Ditambahkan oleh Erik, terlepas dari BBM 7,layanan seperti Skype atau FaceTime di iPhone justru akan mendorong penggunaan data yang lebih tinggi diantara pengguna smartphone.

"Kita nanti malah bisa menciptakan peluang paket-paket menarik untuk mendorong data seperti ini," pungkasnya.


(tyo/eno)




Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Indonesia Darurat 4G?

Kalau bukan sekarang, kapan lagi? Ya, inilah kira-kira urgensi yang akhirnya membuat layanan 4G LTE dikomersialisasi di Indonesia. Di sisi lain, layanan 3G dianggap masih belum optimal penyebarannya, termasuk 2G yang masih banyak penggunanya.
Pro
50%
Kontra
50%


Must Read close