http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png
 
 

Klinik Internet Security

Virus, Malware, Worm, & Trojan: Apa Sih Bedanya?

Konsultan: Alfons Tanujaya - detikinet
Rabu, 12/12/2012 12:52 WIB
Halaman 1 dari 4
http://us.images.detik.com/content/2012/12/12/1440/malware.jpg Ilustrasi (Ist)
Jakarta - Apa perbedaan malware, trojan, virus, worm, dan spyware. Soalnya kadang suka bingung membedakannya?

Jawaban [Vaksincom] :

Ini pertanyaan yang menarik karena selama ini umumnya kebanyakan orang menggunakan istilah virus jika terjangkit oleh kode jahat (malware).

Secara definitif jika kita membicarakan kode jahat istilah yang digunakan adalah malware (malicious software / software jahat / kode jahat). Karena malware adalah kode jahat, maka ia mencakup worm, trojan, virus, spyware / adware, rootkit, bots, exploit, backdoor dan lainnya.

Namun dalam praktek sehari-haripun Vaksinis (teknisi Vaksincom) dalam berhadapan dengan malware di customer tidak mau terlalu terpaku kalau customer ngotot dia kena virus (walaupun mungkin worm), yang penting dibantu saja dulu selesaikan masalahnya. Daripada sibuk berdebat dan tidak menyelesaikan masalah :p.

Namun supaya tidak terlalu panjang kita bahas yang paling umum saja: virus, worm, spyware, trojan seperti yang kamu tanyakan. Dan sedikit mengenai vulnerability (celah keamanan), patch dan service pack.

MalwareNext

Halaman 1 2 3 4
(jsn/ash)
http://us.images.detik.com/content/2012/08/02/1204/112824_alfons500.jpg Alfons Tanujaya Alfons Tanujaya mantan bankir yang merintis karir di dunia IT sejak tahun 1998, tahun 2000 mendirikan PT. Vaksincom dan aktif mendedikasikan waktu untuk memberikan informasi dan edukasi tentang malware dan sekuriti bagi komunitas IT Indonesia melalui mailing list vaksin@yahoogroups.com. Alfons juga aktif menjadi nara sumber bagi media nasional dan menulis artikel malware dan sekuriti pada media IT terkemuka di Indonesia sampai saat ini. Penggemar kuliner ini dapat dihubungi di alfons@vaksin.com, Facebook dan Twitter @vaksincom.







Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Indonesia Darurat 4G?

Kalau bukan sekarang, kapan lagi? Ya, inilah kira-kira urgensi yang akhirnya membuat layanan 4G LTE dikomersialisasi di Indonesia. Di sisi lain, layanan 3G dianggap masih belum optimal penyebarannya, termasuk 2G yang masih banyak penggunanya.
Pro
52%
Kontra
48%


Must Read close