http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png

Jakarta Game Show 2012

Robot-robot Mini Unjuk Gigi

Yudhianto - detikinet
Kamis, 01/11/2012 15:20 WIB
http://us.images.detik.com/content/2012/11/01/654/rbt460.jpg Suasana Jakarta Game Show (yudhi/inet)
Jakarta - Tak cuma kontes game online yang dihadirkan Jakarta Game Show 2012. Para robot juga ambil bagian di panggung acara ini, mereka bahkan ditandingkan dalam satu arena.

Jangan berpikir jauh dulu, karena robot yang bertanding dalam Jakarta Game Show 2012 bukanlah robot berukuran besar seperti dalam film Real Steel. Melainkan jenis robot sederhana berukuran mini yang dapat dirakit oleh anak sekolah sekalipun.

Diperkenalkan oleh klub Robotik, sebuah pusat pelatihan yang mengajarkan kepada anak didiknya bagaimana membuat sebuah robot sederhana menggunakan building block buatan Fischertechnik.

Klub Robotik memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan akan sarana belajar bagi yang berminat menekuni bidang teknik terutama di bidang rancang bangun, mekanika, elektronika dan robotika.

Di sini diperkenalkan mulai dari sekadar membuat mekanik sederhana, hingga membuat robot yang dapat diadu tanding yang mana didalamnya tertanam prosesor ARM v9 dengan RAM 8 MB ditambah lagi internal storage sebesar 2MB. Bahkan disertai pula sebuah port USB 2.0 yang berguna untuk melakukan setup yang bisa dilakukan melalui ROBO Pro Software yang disertakan.

Setup pada robot dilakukan agar robot yang telah dibangun ditentukan fungsinya seperti yang pembuat inginkan. Misalnya menjadi robot 'aduan' ataupun robot penggiring bola.

(ash/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Nokia Android bakal Menggigit?

Nokia resmi memperkenalkan tiga seri Nokia X yang sudah mengusung sistem operasi Android. Mampukah tiga ponsel kelas menengah itu menggaet perhatian pasar?
Pro
52%
Kontra
48%


Must Read close