http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png

Klinik Internet Security

Melacak Penipuan Online Lewat Alamat IP

Konsultan: Alfons Tanujaya - detikinet
Kamis, 09/08/2012 14:31 WIB
http://us.images.detik.com/content/2012/08/09/1440/thief.jpg Ilustrasi
Jakarta - Bisakah kita sebagai orang awam yang menjadi korban penipuan online melacak alamat IP (Internet Protokol) seseorang untuk mendapatkan alamat dimana orang tersebut tinggal?

Jawaban : [Vaksincom]

Secara teknis jika kita menjadi korban penipuan kita bisa melacak IP yang digunakan oleh penipu. Tetapi jika penipu sudah profesional tentunya ia sudah mengetahui hal ini dan sudah melakukan pencegahan untuk mengaburkan jejaknya.

Secara teknis, identitas seseorang dapat ditemukan dari IP yang digunakan untuk berinternet ditambah dengan informasi waktu (kapan dia menggunakan IP tersebut).

Pemilik IP (biasanya Internet Service Provider/ISP) memiliki catatan IP tersebut diberikan kepada pelanggan yang mana dan juga memiliki log/data akses IP tersebut. Namun untuk mendapatkan data tersebut Anda harus mendapatkan izin polisi dan ISP tidak akan mau memberikan data tanpa surat keterangan polisi, karena hal ini menyangkut kerahasiaan/privasi pelanggannya.

Tetapi, kalaupun Anda berhasil mendapatkan data ini, hal ini tidak menjamin bisa mendapatkan identitas penipu karena jika memang ia penipu tentunya sudah memperhitungkan hal ini dan tidak dengan bodohnya melakukan penipuan dari rumahnya yang menggunakan IP ISP langganannya, kalau itu sih namanya 'penipu artis', minta ditangkap supaya terkenal.

Ia akan melakukan akses dari IP publik seperti warnet atau menggunakan komputer lain yang dikuasainya untuk melakukan aktivitas penipuannya sehingga sulit dilacak.


(jsn/ash)
http://us.images.detik.com/content/2012/08/02/1204/112824_alfons500.jpg Alfons Tanujaya Alfons Tanujaya mantan bankir yang merintis karir di dunia IT sejak tahun 1998, tahun 2000 mendirikan PT. Vaksincom dan aktif mendedikasikan waktu untuk memberikan informasi dan edukasi tentang malware dan sekuriti bagi komunitas IT Indonesia melalui mailing list vaksin@yahoogroups.com. Alfons juga aktif menjadi nara sumber bagi media nasional dan menulis artikel malware dan sekuriti pada media IT terkemuka di Indonesia sampai saat ini. Penggemar kuliner ini dapat dihubungi di alfons@vaksin.com, Facebook dan Twitter @vaksincom.





Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Permen Situs Negatif, Menurut Anda?

Pro kontra Permen Kominfo no 19 Tahun 2014 tentang Penanganan Situs Internet Bermuatan Negatif terus mengemuka. Lantas bagaimana dengan Anda terkait kehadiran Permen yang mengatur tata cara pelaporan situs yang masuk daftar hitam sensor Trust+ Positif ini?
Pro
33%
Kontra
67%


Must Read close