http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png
 
 

Sputnik, Laptop 'Kelas Berat' Dell Khusus Developer Ubuntu

Trisno Heriyanto - detikinet
Senin, 23/07/2012 16:38 WIB
http://us.images.detik.com/content/2012/07/23/317/xps460.jpg Dell XPS13
Jakarta - Dell tampak cukup berani melakukan diferensiasi produk. Sementara produsen lain masih terbuai dengan Windows, Dell justru menyiapkan sebuah produk khusus untuk developer Ubuntu.

Laptop yang akan diluncurkan pun bukan kelas ecek-ecek melainkan ultrabook dengan layar 13 inch. Produk ini rencananya akan hadir dengan RAM 4 GB, media penyimpanan SSD, kartu grafis Intel, prosesor Core i5 atau i7, dan tentunya Ubuntu 12.04 sebagai sistem operasinya.

Karena diperuntukan khusus untuk developer maka produk ini sudah dilengkapi dengan berbagai aplikasi pendukung. Dell juga mengklaim telah melakukan optimalisasi terhadap sistem operasi tersebut, baik dari sisi driver, atau pun kemampuan hardware.

Peluncuran produk berbasis Linux merupakan salah satu program Dell mendukung open source, program ini mereka sebut Project Sputnik yang mulai dijalankan sejak Mei 2012 lalu.

"Sejak dimulai sekitar 2 bulan lalu proyek Sputnik mendapat banyak masukan dari para developer. Dengan mendengarkan developer, Dell menawarkan solusi produk yang akan membuat mereka lebih produktif," kata Barton George, Direktur Marketing Dell, seperti dikutip detikINET dari arstechnica, Senin (23/7/2012).

Sayangnya Dell tidak menyebutkan secara pasti kapan produk tersebut akan dirlis, mereka hanya memastikan bakal mulai dipasarkan tahun ini. Begitu juga soal harga yang masih menjadi misteri.


(eno/fyk)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Tifatul Sembiring Sukses Kawal Kominfo?

Tifatul Sembiring resmi mundur dari kursi menteri komunikasi dan Informatika (menkominfo). Nah, setelah lima tahun menjabat, apakah Tifatul terbilang sukses mengemban amanah, mengawal dan memajukan TIK Indonesia?
Pro
44%
Kontra
56%


Must Read close