http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png
 
 

Tak Mau Seperti Nokia, Telkom Ingin Tiru Apple

Susetyo Dwi Prihadi - detikinet
Selasa, 08/05/2012 21:57 WIB
Halaman 1 dari 2
http://us.images.detik.com/content/2012/05/08/328/161420_telkom150.jpg
Jakarta - Telkom menyadari tidak bisa sepenuhnya bergantung terus terhadap bisnis jaringan saja. Apalagi melihat perkembangan teknologi yang semakin maju pesat. Ekosistem pun harus dibangun, tanpa mengesampingkan unit bisnis utamanya.

"Telkom tidak ingin seperti Nokia, yang fokus dalam mengembangkan device tapi lupa dengan ekosistem," terang Direktur IT & Supply Service Telkom, Indra Utoyo, di sela Corporate Communication Summit, di Hotel Shangri-la, Jakarta, Selasa (8/5/2012).

"Kami ingin seperti Apple, menjual ponsel yang sukses terjual miliaran dollar, tapi juga mendapatkan pemasukan dari iTunes atau iCloud. Ekosistem seperti itu yang ingin Telkom bangun," tambahnya.

Setidaknya ada empat area yang bakal digarap oleh Telkom melalui beberapa anak grupnya tersebut. Empat area itu diantaranya mencakup mobile broadband, cloud computing, home digital environment, dan machine2machine (komunikasi antarmesin).

"Melalui area mobile broadband itu ingin agar semua bisa terhubung dengan internet broadband anywhere dan kapan saja," sebut Indra.

Ditambahkan olehnya, melalui mobile broadband ini juga Telkom akan memperluas bisnis kontennya. Indra menyebut, ada Plasa.com yang tengah berkembang. Beberapa waktu lalu juga Telkom menggandeng e-Bay untuk e-commerce.

Tak sampai di situ saja, awal pekan lalu Telkom menargetkan program satu juta WiFi. Termasuk transisi mengubah platform jaringan dari tembaga ke jaringan serat optik.Next

Halaman 1 2
(rns/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Pro Kontra Index »

Tifatul Sembiring Sukses Kawal Kominfo?

Tifatul Sembiring resmi mundur dari kursi menteri komunikasi dan Informatika (menkominfo). Nah, setelah lima tahun menjabat, apakah Tifatul terbilang sukses mengemban amanah, mengawal dan memajukan TIK Indonesia?
Pro
45%
Kontra
55%


Must Read close