https://usimages.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png

Tak Mau Seperti Nokia, Telkom Ingin Tiru Apple

Susetyo Dwi Prihadi - detikinet
Selasa, 08/05/2012 21:57 WIB
Tak Mau Seperti Nokia, Telkom Ingin Tiru Apple
Jakarta - Telkom menyadari tidak bisa sepenuhnya bergantung terus terhadap bisnis jaringan saja. Apalagi melihat perkembangan teknologi yang semakin maju pesat. Ekosistem pun harus dibangun, tanpa mengesampingkan unit bisnis utamanya.

"Telkom tidak ingin seperti Nokia, yang fokus dalam mengembangkan device tapi lupa dengan ekosistem," terang Direktur IT & Supply Service Telkom, Indra Utoyo, di sela Corporate Communication Summit, di Hotel Shangri-la, Jakarta, Selasa (8/5/2012).

"Kami ingin seperti Apple, menjual ponsel yang sukses terjual miliaran dollar, tapi juga mendapatkan pemasukan dari iTunes atau iCloud. Ekosistem seperti itu yang ingin Telkom bangun," tambahnya.

Setidaknya ada empat area yang bakal digarap oleh Telkom melalui beberapa anak grupnya tersebut. Empat area itu diantaranya mencakup mobile broadband, cloud computing, home digital environment, dan machine2machine (komunikasi antarmesin).

"Melalui area mobile broadband itu ingin agar semua bisa terhubung dengan internet broadband anywhere dan kapan saja," sebut Indra.

Ditambahkan olehnya, melalui mobile broadband ini juga Telkom akan memperluas bisnis kontennya. Indra menyebut, ada Plasa.com yang tengah berkembang. Beberapa waktu lalu juga Telkom menggandeng e-Bay untuk e-commerce.

Tak sampai di situ saja, awal pekan lalu Telkom menargetkan program satu juta WiFi. Termasuk transisi mengubah platform jaringan dari tembaga ke jaringan serat optik.

Sementara itu di segmen Home Digital Environment, Telkom merasa rumah ibarat 'negara kecil' yang menarik untuk digarap. Apalagi kebutuhan gaya hidup perkotaan yang sudah berubah.

"Sedangkan di area Cloud Computing, adalah bisnis on demand ke kalangan enterprise atau perusahaan. Kebutuhan mereka ingin kami penuhi," tambah Indra.

Segmen enterprise juga digarap melalui Machine 2 Machine. Diharapkan server Telkom diperuntukkan untuk mesin-mesin juga. "Kami ingin server kita terpasang di tol, e-Health atau e-Government," tandasnya.


(rns/rou)


Baca Juga
Foto Video Terkait



Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Indonesia Darurat 4G?

Kalau bukan sekarang, kapan lagi? Ya, inilah kira-kira urgensi yang akhirnya membuat layanan 4G LTE dikomersialisasi di Indonesia. Di sisi lain, layanan 3G dianggap masih belum optimal penyebarannya, termasuk 2G yang masih banyak penggunanya.
Pro
0%
Kontra
0%