http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png
 
 

China & Taiwan Jajaki Bangun Pabrik Tablet PC di Indonesia

Ardhi Suryadhi - detikinet
Rabu, 04/01/2012 09:31 WIB
http://us.images.detik.com/content/2012/01/04/319/Acer-Iconia-Tab-A500-girl285.jpg Acer, salah satu produsen PC asal Taiwan (ist)
Jakarta - Indonesia dilirik lebih dari satu investor asing yang ingin mencoba peruntungan membangun basis pabrik tablet PC-nya. Jika ditanya soal tertarik, mereka mengaku serius. Tinggal menjajaki beberapa kemungkinan lagi sebelum rencana tersebut gol.

Diungkapkan Didie W. Soewondho, Wakil Ketua Bidang IT, Telekomunikasi, Penyiaran, Ristek Kadin Indonesia, penjajakan tersebut kini tengah dilakukan Kadin dan Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) dengan perusahaan asal Taiwan dan China.

"Mereka (investor tersebut-red.) berminat untuk memindahkan fasilitas pabrikasinya ke Indonesia. Ini dalam rangka selain pembukaan selain pembuatan komputer biasa, juga tablet PC," tukasnya kepada detikINET.

Sayangnya, Didie enggan mengungkap nama-nama perusahaan IT yang tertarik berinvestasi dengan membangun pabrik PC-nya di Indonesia itu.

"Kita masih belum bisa memberikan namanya, karena masih penjajakan. Masih tarik ulur untuk mendapatkan beberapa insentif untuk masuk Indonesia," kilahnya.

Jika rencana ini terealisasi, pabrik tersebut diperkirakan akan memproduksi sekitar 2 juta unit tablet PC per tahun dengan nilai investasi di rentang USD 30-40 juta.

"Yang pasti mereka mengaku sangat tertarik. Statusnya sekarang sedang menyiapkan feasibility study, dari situ akan keluar rencana projected financial," tukas Didie.

Kadin sendiri menyambut baik ketertarikan para investor tersebut. Terlebih, Indonesia saat ini dinilai belum menjadi basis produksi komputer yang diwakili oleh tiga komponen utamanya, yakni motherboard, layar liquid crystal display (LCD) dan keyboard.

Adapun perusahaan PC 'lokal' disebutkan masih sebatas melakukan perakitan di sini. Yakni dengan masih mengimpor komponen-komponen utama dari negara lain.

"Jadi nantinya, para investor yang akan masuk tersebut diharapkan membawa lini produksi ke Indonesia dengan membuat komponen-komponen utama komputer seperti motherboard dan LCD," Didie menandaskan. (ash/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Pro Kontra Index »

Tifatul Sembiring Sukses Kawal Kominfo?

Tifatul Sembiring resmi mundur dari kursi menteri komunikasi dan Informatika (menkominfo). Nah, setelah lima tahun menjabat, apakah Tifatul terbilang sukses mengemban amanah, mengawal dan memajukan TIK Indonesia?
Pro
44%
Kontra
56%


Must Read close