http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png

 
 

Smash Mania, Saat Tak Sendirian Main Game di Ponsel

Andrian Fauzi - detikinet
Senin, 12/12/2011 09:15 WIB
http://us.images.detik.com/content/2011/12/12/654/smashmania285.jpg Smash Mania (afz/inet)
Bandung - Teknologi Near Field Communication (NFC) yang dipergunakan dalam game terbaru keluaran Agate Studio membuat ponsel jadi alat berinteraksi. Tidak ada lagi kata 'sendirian' saat bermain game di ponsel.

Itulah pendapat dari Indra Birowo, artis yang terkenal dengan tingkahnya yang konyol saat mencoba Smash Mania di Bandung Electronic Center (BEC) Bandung.

"Enggak ada lagi tuh yang namanya main game di handphone sendirian. Smash Mania bisa dipakai buat main bersama. Sama teman, sama orang tua, sama pacar atau sama orang yang enggak lo kenal sekalipun. Cukup tempel, terus main deh lo," katanya.

Indra mengaku walaupun dirinya tidak maniak game, namun terkadang pria yang terkenal bertingkah spontan dan konyol ini bermain game untuk mengisi waktunya.

"Kadang-kadang main game. Ini sesuatu yang bagus, bisa jadi alternatif bagi kita untuk main game. Tidak hanya di konsol atau komputer, handphone bisa jadi alat untuk bermain bersama yang mengasikan," tuturnya.

Smash Mania merupakan game yang menggunakan teknologi NFC, sebuah teknologi nirkabel terbaru yang memungkinkan user untuk berbagi gambar dan video cukup dengan menyentuhkan perangkat. Beberapa vendor ponsel ikut mengembangkan teknologi ini, termasuk Nokia yang telah mengeluarkan beberapa seri yang dibenamkan teknologi NFC tersebut.

Selain NFC, game ini juga menggunakan accelerometer dan semi augmented reality. Sehingga tampilannya menyerupai kondisi sebenarnya saat bermain badminton. Sehingga bermain Smash Mania sama berkeringatnya dengan main badminton di lapangan yang sebenarnya.

"Keringetan juga ternyata. Jadi ini bisa menjadi salah satu cara untuk ngurusin badan," ucap Indra diiringi gelak tawa para pengunjung BEC yang menonton pertandingan badminton virtual ini, Minggu (11/12/2011).

Nokia memang menggelar kompetisi Smash Mania di di enam kota di Indonesia. Bandung, Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Medan dan Makasar menjadi kota-kota yang dipilih Nokia untuk mempromosikan game terbaru dari Agate Studio ini.

"Hari ini final setelah sebelumnya dari bulan November lalu kita buat kompetisinya. Di final ini juaranya akan mendapatkan hadiah satu unit ponsel Nokia 500 dan 700. Tak hanya itu, juaranya bisa menantang artis-artis yang kita undang seperti Indra Birowo di Bandung, Sandra Dewi di Surabaya dan Marcell di Yogyakarta," papar Upik Sidharta, Manajer Developer Nokia Indonesia di tempat yang sama. (afz/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Rudiantara Cocok Jadi Menkominfo?

Dengan latar belakanganya sebagai seorang profesional di industri telekomunikasi, Rudiantara dianggap pas menempati kursi menkominfo. Lantas, bagaimana dengan Anda, apa berpendapat sama?
Pro
73%
Kontra
27%


Must Read close