http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png
 
 

Klinik Game Development

Bagaimana Cara Membuat Game Online?

Konsultan: Dr Mla - Agate Studio - detikinet
Rabu, 02/11/2011 10:51 WIB
http://us.images.detik.com/content/2011/11/02/1260/game1.jpg (ist)
Jakarta -
Bagaimana cara membuat game online? saya ingin sekali membuat gameonline, tetapi saya tidak tahu akan mulai dari mana, kira-kira apa yalangkah pertama membuat game online?


(Zainudin Talani, Pria, 14th)

Jawaban :

Game online adalah salah satu jenis game yang paling sulit dikembangkan, karena membutuhkan banyak sekali pengetahuan teknis mulai dari networking (pengiriman data), set up server, security (agar tidak mudah dicurangi), dan lain-lain. Tapi game online sendiri ada berbagai tipe dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda pula:


Text Based Online Game


Game online berbasis text, contohnyaMafia WarsatauTravian. Game online paling sederhana, cukup menampilkan data dari server, tidak perlu terlalu banyak interaksi antar pemain secara realtime. Misalnya pemain A yang sedang menyerang pemain C tidak akan muncul pada layar permainan pemain B walau berada pada wilayah in-game yang sama.


Asynchronous Online Game


Game dimana kita bisa bermain dengan karakter teman kita, namun yang bersangkutan tidak perlu online, contohnyaBuddy Rush. Kita cukup menggunakan data terbaru dari karakter teman kita tersebut, lalu menggerakkannya dengan AI agar terkesan bahwa kita bermain dengan teman kita. Lebih kompleks karena interaksi pemain dengan sistem harus realtime (misalnya kita pukul seekor monster, data di server harus diupdate dengan nyawa monster baru yang telah dikurangi). Tapi tiap permainan hanya menerima input dari satu pemain saja.


Real Time Online Game


Game online dimana kita bisa bermain dengan orang lain pada waktu yang bersamaan. contohnya Point Blank atau DotA (via BattleNet). Game tipe ini tingkat kesulitannya lebih besar lagi karena tiap input dari setiap pemain harus mempengaruhi data di server dan pada layar game setiap pemain. Misalnya pada sesi DotA 10 orang, pemain #1 mengeluarkan jurus ke pemain #2, di layar permainan pemain #1-#10 harus melihat kejadian yang sama, di waktu yang sama, dan dengan efek yang sama (misalnya jumlah HP pemain #2 yang berkurang).


Massively Multiplayer Online Game


Game online real time dengan jumlah pemain jauh lebih banyak dibanding jenis game sebelumnya, contohnya Ragnarok Online atau World of Warcraft. Pada suatu waktu, pemain yang online bisa menembus angka ratusan bahkan ribuan, sehingga jumlah transaksi data yang terjadi sangat banyak , sehingga server harus dibuat agar dapat menangani transaksi data sebanyak itu.


Dari semua tipe game online yang disebutkan di atas, kuncinya adalah untuk mempelajari bagaimana hubungan client-server dalam sebuah game. Sederhananya, server adalah tempat untuk menyimpan berbagai data permainan, dan client adalah aplikasi untuk menampilkan data pada server dengan tampilan pada game. Semua input pada client harus bisa diterima oleh server dan server harus bisa memberikan respon sesuai dengan input yang dikirimkan.


Kalau memang ingin mencoba membuat online game, tidak ada salahnya mencoba membuat game online sederhana seperti Travian atau Mafia Wars, mengunakan PHP, database (misalnya mySQL), dan HTML/CSS untuk menampilkan visual gamenya. Rencananya di bulan November nanti Agate akan membuat tutorial yang berhubungan dengan tipe game seperti itu diBlog Agate Studio:) Tunggu saja tanggal mainnya!


(jsn/jsn)
http://us.images.detik.com/content/2011/08/11/1204/dr_mla_small.jpg Dr. Mla Lahir dari perasaan senang saat bermain game, Dr. Mla berusaha keras belajar membuat game. Sebagai crew di Agate Studio, Dr. Mla siap membantu orang-orang yang mau belajar game programming. Mau tahu lebih banyak tentang game development? Follow @AgateStudio atau buka Blog Agate Studio



Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Permen Situs Negatif, Menurut Anda?

Pro kontra Permen Kominfo no 19 Tahun 2014 tentang Penanganan Situs Internet Bermuatan Negatif terus mengemuka. Lantas bagaimana dengan Anda terkait kehadiran Permen yang mengatur tata cara pelaporan situs yang masuk daftar hitam sensor Trust+ Positif ini?
Pro
22%
Kontra
78%


Must Read close