http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png
 
 

Kelelawar Ilhami Teknologi Penginderaan

Rachmatunisa - detikinet
Rabu, 09/02/2011 14:07 WIB
http://us.images.detik.com/content/2011/02/09/511/kelelawar.jpg (Ist)
Jakarta - Alam sekitar merupakan gudang inspirasi bagi siapa saja yang peka mengenalinya. Demikian juga halnya dengan kelelawar yang mengilhami para ilmuwan mengembangkan teknologi penginderaan terbaru untuk robot dan kendaraan tanpa awak.

Kelelawar, biasa memanfaatkan echolocation dalam mencari mangsa dan bernavigasi. Ini jadi satu poin penting yang disorot para ilmuwan. Echolocation atau disebut juga biosonar, adalah sonar biologis yang bekerja seperti sensor untuk membantu hewan mengenali kondisi di sekelilingnya.

Dilansir Science Popular dan dikutip detikINET, Rabu (9/2/2011), para ilmuwan juga menemukan bukti bahwa kelelawar bisa menyimpan dan menghitung informasi penginderaan yang diterima dengan cepat.

"Tak hanya itu, telinga kelelawar pun sangat menakjubkan. Bagian ini secara khusus dirancang untuk menangkap suara dan getaran di udara. Dengan meniru geometri fitur seperti ini akan sangat bermanfaat bagi sistem penerbangan otomatis," kata Rolf Mueller, asisten profesor bidang mekanik di Virginia Tech.

Kebanyakan sistem otomatis seperti robot memiliki laser, sonar atau kamera video yang bisa mengantarkan sejumlah besar data berbentuk dua atau tiga dimensi, sehingga membantu robot atau pesawat tanpa awak bisa mengindera posisi mereka dan mengetahui adanya rintangan yang harus mereka hadapi.

Namun terkadang, ada banyak informasi yang bisa memberatkan kerja sistem robot yang kapasitasnya terbatas. Hebatnya kelelawar, bisa menghitung semua input yang diterimanya dengan sangat cepat. (rns/fyk)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Permen Situs Negatif, Menurut Anda?

Pro kontra Permen Kominfo no 19 Tahun 2014 tentang Penanganan Situs Internet Bermuatan Negatif terus mengemuka. Lantas bagaimana dengan Anda terkait kehadiran Permen yang mengatur tata cara pelaporan situs yang masuk daftar hitam sensor Trust+ Positif ini?
Pro
33%
Kontra
67%


Must Read close