http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png
 
 

Lantik 9 Pejabat, Kominfo Masuki Era Baru

Achmad Rouzni Noor II - detikinet
Jumat, 07/01/2011 16:49 WIB
Lantik 9 Pejabat, Kominfo Masuki Era Baru Menkominfo Tifatul Sembiring (rou/inet)
Jakarta - Menkominfo Tifatul Sembiring melantik sembilan pejabat eselon I Kominfo. Pelantikan pejabat baru ini sekaligus menandai restrukturisasi seluruh direktorat yang ada di kantor kementerian.

Dari sembilan pejabat eselon I tersebut, hanya dua yang masih menempati posisi sebelumnya, yakni Basuki Yusuf Iskandar yang sebelumnya juga sebagai Sekjen Kominfo dan Agung Widjayadi yang kembali dipercaya menjadi inspektorat Jenderal Kominfo.

Sementara Syukri Batubara yang sebelumnya sebagai Sekditjen Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi dilantik menjadi Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika.

Kemudian, Aswin Sasongko yang sebelumnya Dirjen Aplikasi dan Telematika, kini dilantik menjadi Dirjen Aplikasi Informatika. Sedangkan Kepala Badan Informasi Publik Freddy H Tulung berganti jabatan menjadi Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik.

Untuk Kepala Litbang, posisi itu dipercayakan kepada Aizirman Djusan yang sebelumnya menjabat sebagai Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi dan Kementerian.

Selain Dirjen, Tifatul juga melantik tiga staf ahli yaitu Suprawoto sebagai Staf Ahli Menteri Bidang Sosial, Ekonomi dan Budaya dan Henry Subiakto sebagai Staf Ahli Menteri Bidang Komunikasi dan Media Massa.

Sedangkan Cahyana Ahmadjayadi yang sebelumnya sebagai Kepala Litbang dilantik menjadi Staf Ahli Menteri Bidang Politik dan Keamanan.

Menurut Tifatul, rencana restrukturisasi ini telah direncanakan sejak lama sebelum dirinya ditunjuk menjadi Menkominfo. Rencana restrukturisasi ini telah dicanangkan sejak era Mohammad Nuh.

"Saya mengharapkan pelantikan ini akan menjadi driving forces di dalam Kominfo karena perubahan itu sebuah keniscayaan. Tidak bisa hanya dilakukan secara business as usual, tetapi harus lebih dari itu," ujarnya di kantor Kominfo, Jumat (7/1/2011).

Kementerian Kominfo mengubah struktur organisasinya yang mulai berlaku awal tahun ini, dengan merombak beberapa Direktorat Jenderal. Perubahan struktur organisasi tersebut berdasarkan Peraturan Menkominfo No. 17/2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Kominfo.

Dengan perombakan tersebut, tujuh Direktorat Jenderal seperti saat ini masih tetap ada, hanya saja terdapat perubahan nama Ditjen.

Dengan perubahan itu maka struktur baru itu adalah Sekretaris Jenderal, Irjen, Ditjen Sumberdaya dan Perangkat Pos dan Informatika, Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Ditjen Aplikasi Informatika, Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik dan Badan Litbang SDM.

Adapun struktur lama dari Kementerian Kominfo yang masih berlaku saat ini terdiri dari Sekjen, Irjen, Ditjen Pos dan Telekomunikasi, Ditjen Aplikasi Telematika, Ditjen Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi, Badan Informasi Publik dan Badan Litbang SDM.

Sementara, Muhammad Budi Setiawan yang sebelumnya menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Postel belum dilantik menjadi Dirjen Sumberdaya dan Perangkat Pos dan Informatika. Masih sebagai Plt juga.

"Pak Budi belum dilantik karena belum memenuhi persyaratan untuk menjadi Dirjen karena masih ada masalah teknis golongan jabatan. Masih harus sekolah pimpinan dulu. Tidak lama kok," kata Tifatul.

(rou/ash)


Baca Juga
Foto Video Terkait



Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Pro Kontra Index »

Indonesia Darurat 4G?

Kalau bukan sekarang, kapan lagi? Ya, inilah kira-kira urgensi yang akhirnya membuat layanan 4G LTE dikomersialisasi di Indonesia. Di sisi lain, layanan 3G dianggap masih belum optimal penyebarannya, termasuk 2G yang masih banyak penggunanya.
Pro
0%
Kontra
0%


Must Read close