http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png

Kolom Venus

Mesin Tik Usang dan Mahasiswa Sekarang

Penulis: Venus - detikinet
Jumat, 24/12/2010 18:17 WIB
Halaman 1 dari 2
http://us.images.detik.com/content/2010/12/24/398/mesintik285venus.jpg ilustrasi (venus)
Jakarta - Di sebuah kedai kopi di Medan, dua minggu yang lalu, saya tersenyum-senyum sendiri melihat barang-barang lama yang dipajang di sepanjang dindingnya. Ada foto hitam putih perkebunan kopi dalam pigura besar, mesin jahit merk Singer, kaleng-kaleng kerupuk berbagai model dan ukuran.

Di dekat pintu masuk, beralas sebilah papan yang cukup tebal, diletakkan sebuah mesin tik warna hitam. Saya lupa memerhatikan merknya, tapi mesin tik itu terlihat sudah sangat tua. Entah produksi tahun berapa.

Dulu, jaman masih sekolah dan suka iseng malem-malem nulis puisi dan cerpen asal-asalan, biasanya saya pinjam mesin tik punya bapak saya. Dan ya, lagi-lagi saya lupa apa merknya. Brother, kalau tidak salah.

Nah, mesin tik yang saya temukan di kedai kopi kecil yang nyaman dan beratmosfer jadul –tapi sudah dilengkapi koneksi internet yang cepat— itu, terlihat jauh lebih tua dari model yang dulu saya biasa pakai.

Jadi ingat beberapa malam yang lalu. Di sebuah acara gathering para penggiat online di ballroom sebuah hotel di Jakarta, di sebelah saya duduk seorang perempuan. Masih sangat muda. Belakangan saya tau, dia masih kuliah. Kami tidak sedikit pun ngobrol. Saya sibuk dengan teman-teman satu rombongan, dan si nona ini lebih banyak diam, sibuk mengetik sesuatu di layar gadgetnya.

Kesibukannya mengetik --tepatnya menyentuh-nyentuh layar smartphonenya yang lebar dan terlihat masih baru-- terhenti ketika saya juga akan mulai mengetik sesuatu.

“Wah, mbak main angry birds juga ya?”Next

Halaman 1 2
(wsh/wsh)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Tifatul Sembiring Sukses Kawal Kominfo?

Tifatul Sembiring resmi mundur dari kursi menteri komunikasi dan Informatika (menkominfo). Nah, setelah lima tahun menjabat, apakah Tifatul terbilang sukses mengemban amanah, mengawal dan memajukan TIK Indonesia?
Pro
59%
Kontra
41%


Must Read close