http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png
 
 

Pemerintah Sering Kecolongan Repeater Ilegal

Achmad Rouzni Noor II - detikinet
Rabu, 03/11/2010 19:00 WIB
Halaman 1 dari 2
http://us.images.detik.com/content/2010/11/03/328/ponselcall150.jpg ilustrasi (inet)
Jakarta - Gangguan layanan telekomunikasi ternyata seringkali disebabkan oleh bentroknya frekuensi yang digunakan oleh para operator dan masyarakat yang menggunakan repeater atau penguat sinyal secara ilegal.

Kejadian ini mulai sering ditemui dan kian mengkhawatirkan karena mudahnya mendapati perangkat repeater murah yang tidak masuk lewat jalur resmi, dan tentu tidak terstandardisasi dengan sertifikasi perangkat resmi dari Kementerian Kominfo.

Meski begitu, pemerintah juga tak tinggal diam melihat kasus ini. Sejumlah razia pun digelar di sejumlah daerah dan lokasi yang dianggap paling mengkhawatirkan. Sembari 'membersihkan' area, pemerintah juga mempererat koordinasi antar instansi.

"Kami sudah bekerja sama dengan Bea Cukai di Departemen Perdagangan terkait sertifikasi perangkat-perangkat telekomunikasi," kata Rachmad Widayana, Kasubdit Analisa dan Evaluasi Frekuensi Kominfo.

"Tapi, tidak semuanya masuk dari pintu legal atau jalur impor," keluhnya dalam sosialisasi frekuensi radio bersama Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) di Hotel Millenium, Jakarta, Rabu (3/11/2010).

Menurut Rahmad, Kominfo biasa melakukan penertiban secara rutin. Namun sayangnya itu baru sebatas karena adanya aduan dan laporan dari masyarakat atau operator seluler.

"Karena selain kendala teknis seperti sinyal timbul tenggelam atau mobile, kami juga terbentur masalah (kekurangan) SDM," sesalnya.Next

Halaman 1 2
(rou/wsh)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!
Sponsored Link


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Nokia Android bakal Menggigit?

Nokia resmi memperkenalkan tiga seri Nokia X yang sudah mengusung sistem operasi Android. Mampukah tiga ponsel kelas menengah itu menggaet perhatian pasar?
Pro
55%
Kontra
45%


Must Read close