http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png
 
 

Quick Review

Nokia N8, Mencolok dengan Kamera 12MP dan HDMI

Fajar Widiantoro - detikinet
Senin, 14/06/2010 16:53 WIB
 Nokia N8, Mencolok dengan Kamera 12MP dan HDMI Nokia N8 (fw/inet)
Singapura - Di ajang Nokia Connections 2010 yang digelar di Singapura, Senin (14/6/2010), akhirnya Nokia memamerkan senjata barunya. Salah satu yang sempat dicicipi detikINET adalah Nokia N8, ponsel Symbian dengan kamera 12MP dan port HDMI.

Kali ini detikINET berkesempatan sedikit mengamati jeroan dan performa senjata baru Nokia ini. Walau bentuknya tipis, ponsel seksi ini memiliki ukuran layar yang cukup lega. Selain suaranya bagus, kehadiran OS terbaru yakni Symbian^3 membuat Nokia terkesan lebih fresh.

Dari pengamatan detikINET, ada hal menonjol pada ponsel ini. Pertama adalah kehadiran OS Symbian^3 yang akan menjadi generasi lanjutan OS Nokia, selain S40 dan MeeGo. Kedua adalah 'kamera super' sebesar 12MP nya. Kemudian yang terakhir adalah port HDMI.

Symbian^3

OS lanjutan dari S60v5 (seperti pada N97 mini) tersebut membawa banyak perubahan bagi feel yang dirasakan pengguna. Nampaknya Nokia masih mempertahankan desain depannya, yang sekilas sama seperti S60v5. Lalu apakah jeroannya berbeda?

Tentu tidak. Pasalnya kini Symbian^3 menghadirkan fitur multi-touch dan home screen yang bisa dikustomisasi. Dengan ini penguna N8 pun bisa mengekspresikan diri pada ponsel mereka sesuai karakter pribadinya.

Yang menjadi catatan detikINET, Symbian^3 ini pada dasarnya membawa perubahan besar seperti gestur multi-touch, flick scrolling serta pinch-zoom. Dengan ini sepertinya ponsel Nokia lebih responsif dan tak ketinggalan jika dibandingkan iPhone.

Nokia pun mengklaim, OS baru ini memiliki menajemen memori yang lebih efisien. Benar saja, pasalnya saat digunakan untuk aplikasi secara paralel, rasanya lebih mulus dan tidak tersendat. Nampaknya Nokia benar-benar telah memperbaiki kekurangannya.

Kamera 12MP dan port HDMI


Seiring berkembangnya jaman, ponsel pintar kini dituntut menghadirkan resolusi tinggi pada perangkatnya. Misalkan kamera diatas 10MP dan kemampuan rekam video beresolusi HD (720p).

Nampaknya hal ini cepat direspon oleh Nokia. Jadi produk ini tak kalah pamor menghadapi iPhone 4, yang telah hadir dengan video 720p.

Saat dijajal detikINET, lensa Carl Zeiss plus Xenon flash menjadikan bidikan Nokia N8 lebih jernih dari produk sebelumnya. Untuk ukuran cahaya dalam ruangan, detikINET benar-benar terpesona dengan hasil bidikan kamera Nokia N8. Belum lagi kemampuan rekam HD yang diusungnya.

Dengan port HDMI yang ada, kini pengguna dapat langsung menghubungkan layar ponsel pada TV (HDMI). Saat didisplay ke TV, hasilnya benar-benar jernih. Namun itu semua berbalik ke teknis pengambilan gambar pengguna. Ponsel ini nampaknya masih kurang peka terhadap cahaya minim.

Kesimpulan:


Sayang, saat berada di salah satu ruangan Conrad Centinnial, waktu yang diberikan detikINET untuk mencoba produk ini telah habis. Rasanya tak cukup beberapa jam untuk menjelajahi semua fitur baru yang ada pada Nokia N8.

Sebenarnya masih ada beberapa fitur apik yang belum terjajal seperti kemampuan audio ponsel, kenyamanan dan kelengkapan tampilan aplikasi jejaring sosial, daya tahan baterai, serta kemampuan web TV, yang disebut-sebut bakal menjadi andalan Nokia.

Tunggu saja kehadiran Nokia N8, yang bahkan belum hadir di pasar global tersebut. Sembari menunggu sebaiknya siapkan tabungan dahulu, desas-desus yang beredar produk ini akan dibanderol seharga 370 Euro (sekitar Rp 4,1 juta).
(wsh/wsh)


Baca Juga



Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Indonesia Darurat 4G?

Kalau bukan sekarang, kapan lagi? Ya, inilah kira-kira urgensi yang akhirnya membuat layanan 4G LTE dikomersialisasi di Indonesia. Di sisi lain, layanan 3G dianggap masih belum optimal penyebarannya, termasuk 2G yang masih banyak penggunanya.
Pro
0%
Kontra
0%


Must Read close