http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png
 
 

Alat Bantu dan Detektor Nyontek Siap Adu Canggih

Santi Dwi Jayanti - detikinet
Kamis, 04/02/2010 09:29 WIB
http://us.images.detik.com/content/2010/02/04/398/Exam.jpeg Ilustrasi (Ist.)
Jakarta - Aksi nyontek saat ujian makin canggih dengan hadirnya ponsel, mp3 player dan piranti-piranti lain. Oleh karena itu, sejumlah perusahaan gencar menawarkan alat pendeteksi. Namun sayangnya, di saat yang sama, sejumlah situs mengiming-imingi para siswa dengan peralatan nyontek yang siap mengelabui gadget pendeteksi tersebut.

Fenomena ini sendiri sudah terlihat di Inggris. Penyebaran iklan ke lingkungan sekolah di negeri Ratu Elizabeth ini aktif dilakukan oleh perusahaan-perusahaan teknologi. Mereka menjajakan detektor ponsel yang bisa 'mencium' akses ke email dan SMS yang dilakukan via mobile.

Salah satu perusahaan tersebut ialah Mobysafe. Pemilik Mobysafe, David Spurr mengatakan, "Pengawas ujian dihadapkan dengan perangkat komunikasi yang semakin kecil dan mumpuni".

Ponsel memang menjadi ancaman pihak sekolah dalam hal ujian. Data tahun lalu berbicara, bahwa 1 dari 3 kasus nyontek diketahui memakai bantuan alat komunikasi itu. Sugesti lain bahkan menyebutkan ruang ujian seharusnya memiliki kamera CCTV.

Akan tetapi sangat disayangkan, bahwa di tengah gencarnya perusahaan teknologi menawarkan alat pelacak aksi nyontek, muncul pula penawaran-penawaran di internet yang menjajakan alat bantu nyontek.

Salah satu yang dijajakan adalah ear-pieces yang memungkinkan siswa menerima informasi dalam ruang ujian. Bahkan lebih canggih lagi, alat ini ada yang dilengkapi wireless sehingga bisa dihubungkan ke pemutar musik digital yang bisa memutar ulang penjelasan guru.

Pegawas ujian di Inggris, Ofqual, gusar akan kejadian ini. Dilansir detikiNET dari BBC, Kamis (4/2/2010), mereka menegaskan pihaknya akan berkomitmen untuk mengatasi kecurangan tes, apapun bentuknya.
(sha/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Permen Situs Negatif, Menurut Anda?

Pro kontra Permen Kominfo no 19 Tahun 2014 tentang Penanganan Situs Internet Bermuatan Negatif terus mengemuka. Lantas bagaimana dengan Anda terkait kehadiran Permen yang mengatur tata cara pelaporan situs yang masuk daftar hitam sensor Trust+ Positif ini?
Pro
32%
Kontra
68%


Must Read close