http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png
 
 

Debat Online Eksekusi Mati Kaum Gay Dikecam

Fino Yurio Kristo - detikinet
Kamis, 17/12/2009 12:37 WIB
http://us.images.detik.com/content/2009/12/17/398/laptop(cdn)150.jpg Ilustrasi (ist)
London - Debat online dengan topik kontroversial memang mengasyikkan, namun tak jarang jadi masalah. Debat di dunia maya yang dibesut media terkemuka dunia, BBC, memancing kontroversi besar terkait topiknya 'Apakah kaum homo harus dieksekusi?'

Para politisi menilai topik itu tak pantas diperdebatkan karena sudah jelas eksekusi kaum gay tidak boleh dilakukan. "Kita harusnya melihat dengan ngeri apa yang terjadi di Uganda. Kita harus mengutuknya, demikian pula BBC," kritik anggota parlemen Inggris, Eric Joyce.

Memang sejatinya, topik kontroversial tersebut dibuat dalam rangka merespon proposal peraturan yang dirancang di Uganda. Peraturan dimaksud bisa jadi dasar hukum untuk menghukum mati para gay.

Bahkan karena kritik yang terus berdatangan, debat online pada sesi website 'Have Your Say' itu akhirnya ditutup. Sebagai gantinya terpampang topik 'Haruskan negara Uganda memperdebatkan eksekusi kaum gay?'.

Sebelum diblokir, banyak orang merespon debat dengan memposting tanggapan online. Tercatat 600 komentar datang, dengan hanya 200 saja yang dinilai pantas ditampilkan. Sebagian dari mereka setuju dengan proposal hukum di Uganda.

BBC pun membela diri dalam blognya. "Kami setuju bahwa pertanyaan tersebut terkesan kejam, namun perlu dipikirkan kalau topik itu mengilustrasikan isu yang sebenarnya terjadi," tulis BBC yang dilansir HeraldSun dan dikutip detikINET, Kamis (17/12/2009). (fyk/faw)




Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Indonesia Darurat 4G?

Kalau bukan sekarang, kapan lagi? Ya, inilah kira-kira urgensi yang akhirnya membuat layanan 4G LTE dikomersialisasi di Indonesia. Di sisi lain, layanan 3G dianggap masih belum optimal penyebarannya, termasuk 2G yang masih banyak penggunanya.
Pro
50%
Kontra
50%


Must Read close