http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png

 
 

Review Produk

'Main Jari' di Aspire dengan Layar Sentuh

Fajar Widiantoro - detikinet
Selasa, 24/11/2009 13:08 WIB
Main Jari di Aspire dengan Layar Sentuh Aspire 5738PG (wid/inet)
Jakarta - Acer telah memperkenalkan, dan menghadirkan, sebuah notebook dengan kemampuan layar sentuh. Adanya layar sentuh berarti jemari pengguna tak hanya berinteraksi dengan keyboard dan mouse tapi juga bisa langsung 'main jari' dengan benda-benda virtual yang muncul di layar.

Aspire 5738PG adalah notebook pertama Acer yang menggunakan layar sentuh. Notebook berbekal Windows 7 ini pertama kali dipamerkan di Indonesia pada acara IndoComtech 2009.

Ketika itu detikINET hanya berkesempatan melihat secara sekilas seperti apa rasanya bersentuhan dengan notebook tersebut. Kini, detikINET berkesempatan menjajal Aspire baru dan punya kesempatan untuk menyentuhnya lebih jauh.

Desain, Display, Keyboard

Sebelum ke soal sentuhannya, pertama-tama perhatikan dulu tampilan luar notebook ini. Secara umum, desainnya belum banyak menunjukkan perubahan dari seri Aspire terdahulu. Lampu led warna biru yang khas membuat notebook ini nampak gagah bila digunakan di tempat yang remang-remang.

Kemudian, masih seperti seri terdahulu, posisi webcam dan mic tak mengalami perubahan berarti. Untuk bagian bawah, di sebelah kanan multi gesture touchpad, Acer menambahkan tombol untuk menonaktifkan touchpad serta finger print.

Sedangkan dari sisi desain keyboardnya telah menunjukkan perubahan berarti. Di sisi kanan atas terdapat 3 buah tombol akses: WiFi, Bluetooth, dan tombol Acer backup manager yang digunakan untuk mem-backup profile secara otomatis. Sementara pada sisi kanan atas terdapat tombol volume serta launch manager.

Pada seri ini Acer pun mengusung sesuatu yang berbeda dari keyboard standar pada sebuah laptop. Dengan jajaran numeric pad di sisi kanan layaknya keyboard desktop, detikINET merasa nyaman saat mengetik sebuah dokumen ataupun browsing. Namun bagi beberapa orang yang terbiasa menggunakan keyboard standar laptop, hal ini bisa dirasa sedikit membingungkan.

Dengan bentangan layar sebesar 15,6 inchi (resolusi 1366 x 768 pixel ), layarnya tampak pas digunakan untuk hiburan. Mulai dari bermain game, menonton film High Definition atau untuk browsing.

Sentuh Layarnya

Salah satu kemampuan unggulan notebook ini dibanding produk lain sejenis adalah kemampuan layar sentuhnya yang diramu bersama Windows 7 Home Premium 64-bit. Alhasil kita bisa merasakan kebebasan 'bersentuhan' dengan aplikasi-aplikasi Windows.

Seperti saat browsing di internet atau membuka aplikasi twitter, menyentuh layar jadi pilihan yang lebih asyik untuk menjelajah halaman web. Geserkan jemari di permukaan layar dan halaman bisa naik-turun sesuai keinginan pengguna.

Sayangnya, kemampuan sentuh ini belum penuh dalam menerapkan fitur flick (menyentil). Mencoba 'menyentil' jendela agar terbuang ke sisi layar, misalnya, tak bisa dilakukan. Agaknya sistem operasi yang digunakanlah yang belum terlalu lengkap dalam menangkap sinyal-sinyal gerak yang umum dilakukan manusia.

Tak cukup dengan itu, untuk menekankan pada fitur layar sentuhnya, Acer juga menambahkan portal hiburan bernama 'Acer Touch Portal'. Layaknya sebuah rak buku yang komplit, portal ini menyediakan berbagai hiburan ke dalam satu wadah.

Pengguna cukup menggeser (drag n drop) suatu aplikasi ke dalam layar utama, dan semuanya langsung bekerja. Tak hanya itu Acer juga membenamkan aplikasi peta bernama Microsoft Surface Globe yang amat responsif. Dari sisi desain portal ini nampak ringkas dan enak dipandang.

Spesifikasi Lain

Untuk konektivitas, Aspire 5738PG memiliki 4 buah port USB 2.0, HDMI, VGA, S/PDIF, 5-in-1 slot card reader, LAN, modem, headphone, serta mic port. Acer juga menambahkan sebuah DVD berkecepatan 8x untuk menikmati berbagai hiburan dan beberapa pekerjaan lainnya. Di bagian atas notebook ini memiliki sebuah webcam Crystal Eye sebesar 1,3 MP.

Dengan speaker berlabel Dolby Home Theatre yang terletak di bagian atas keyboard, Aspire 5738PG menghasilkan suara yang lumayan jernih dan tidak terdengar cempreng. Saat dibandingkan dengan speaker Harman/kardon, suara dari notebook Aspire ini terdengar memiliki treble yang khas dibanding bass-nya, namun tidak terdengar kering.

Saat dijajal detikINET, secara umum notebook ini sudah cukup untuk menikmati hiburan semisal menyaksikan film berkualitas HD 1080p secara lancar. Namun saat dipaksakan untuk memainkan game sekelas Far Cry 2, nampaknya Notebook ini benar-benar 'menangis' dengan rata-rata framerate sebesar 10,2 fps. Padahal chip grafis yang dibenamkan cukup lumayan, yakni ATI Radeon 4570 (dedicated memory 512 MB).

Berikut ini adalah spesifikasi Acer Aspire 5738PG:
  • Intel Core 2 Duo P8700 (2,53 Ghz, 1066 Mhz FSB)
  • ATI Mobility Radeon HD 4570.
  • Memori RAM sebesar 4 GB.
  • 500 GB HDD
  • Layar Monitor 15,6 HD LED LCD
  • DVD Super Multi
  • Baterai 6-cell

Kesimpulan

Buat fans Acer yang berencana mengupgrade notebook, Aspire 5738PG dapat menjadi pilihan yang tepat. Dengan kemampuan layar sentuhnya, notebook ini bakal membawa pengalaman baru bagi pengguna. Apalagi ditambah dengan grafis ATI Radeon HD 4570, prosesor Intel Core 2 Duo serta RAM sebesar 4GB. Dengan balutan warna khas Gemstone-nya, notebook ini terasa cocok digunakan bagi semua umur. Harganya adalah sekitar US$ 1299.

Kelebihan:
+ Layar sentuh
+ Keyboard lega

Kekurangan:
- Tampilan layar sentuh terasa kaku (fw/faw)


Baca Juga
  • DX900, Ponsel Dual SIM Card Acer
Foto Video Terkait



Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Indonesia Darurat 4G?

Kalau bukan sekarang, kapan lagi? Ya, inilah kira-kira urgensi yang akhirnya membuat layanan 4G LTE dikomersialisasi di Indonesia. Di sisi lain, layanan 3G dianggap masih belum optimal penyebarannya, termasuk 2G yang masih banyak penggunanya.
Pro
0%
Kontra
0%


Must Read close