http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png
 
 

Kasus Menara Badung Jilid II

ATSI: Telekomunikasi Wewenang Pemerintah Pusat

Achmad Rouzni Noor II - detikinet
Senin, 14/09/2009 10:32 WIB
Halaman 1 dari 2
http://us.images.detik.com/content/2009/09/14/328/bts285bgs.jpg ilustrasi (dok. detikcom)
Jakarta - Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) mendesak agar segala urusan yang menyangkut industri telekomunikasi diatur dan dikendalikan sepenuhnya oleh pemerintah pusat, bukan oleh pemerintah daerah.

"Sebab, yang mengerti soal operator nasional hanya pemerintah pusat. Pemerintah daerah, maaf saja, mungkin yang mereka tahu hanya sekadar PAD (pendapatan asli daerah)," ujar Ketua Umum ATSI Sarwoto Atmosutarno, saat ditemui di Gambir, Jakarta, Minggu malam (13/9/2009).

Akibat dari campur tangan pemerintah daerah, operator dan pelanggan telekomunikasi dinilai telah banyak dirugikan. Contohnya, dalam kasus perubuhan menara di kabupaten Badung, Bali, beserta wacana pungutan retribusi oleh pemerintah daerah.

"Boleh-boleh saja ada retribusi, asal semua ditentukan oleh pemerintah pusat. Sebab kita butuh transparansi dan kepastian usaha. Kalau salah atur, malah bisa menghambat operator berinvestasi di situ," lanjut pria yang juga menjabat Direktur Utama Telkomsel.

Dalam kasus pembongkaran menara yang dilakukan pemerintah kabupaten (Pemkab) Badung, Telkomsel merupakan salah satu operator yang merasa dirugikan. Sebab, ada sepuluh menara beserta infrastruktur jaringan mereka yang dirubuhkan dan dirusak oleh Satuan Polisi Pamong Praja suruhan Pemkab Badung.

Telkomsel, bersama Excelcomindo Pratama (XL) yang menaranya juga ikut dirubuhkan, telah melayangkan gugatan hukum dan mengadukan kasus ini kepada Polda Bali.

Di kabupaten Badung, Bali, XL total memiliki 43 menara telekomunikasi. Empat di antaranya, diakui orang nomor satu di operator seluler itu, memang tidak memiliki izin mendirikan bangunan (IMB).Next

Halaman 1 2
(rou/wsh)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Tifatul Sembiring Sukses Kawal Kominfo?

Tifatul Sembiring resmi mundur dari kursi menteri komunikasi dan Informatika (menkominfo). Nah, setelah lima tahun menjabat, apakah Tifatul terbilang sukses mengemban amanah, mengawal dan memajukan TIK Indonesia?
Pro
44%
Kontra
56%


Must Read close