http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png
 
 

Robot Siapkan Basis NASA di Bulan

Fino Yurio Kristo - detikinet
Kamis, 26/02/2009 16:18 WIB
http://us.images.detik.com/content/2009/02/26/511/nasa-lunar-basedlm.jpg Ilustrasi (ministryoftech)
Pittsburgh - NASA berencana kembali mengekspansi bulan beberapa tahun mendatang. Demi mengamankan misi, robot khusus dapat dikirim ke bulan untuk mempersiapkan tempat pendaratan dan basis penelitian yang aman bagi pesawat NASA dan para astronotnya.

Demikian studi lembaga Astrobotic Technology Inc dan Carnegie Mellon University's Robotics Institute yang bakal dipaparkan pada konferensi NASA Lunar Systems

Menurut William Whittaker selaku profesor robotika di Carnegie Mellon, basis yang aman perlu dibuat di bulan agar transfer kargo dalam misi NASA berlangsung efisien. Ancaman sekecil apapun harus diantisipasi.

Untuk itu, dua robot penggali dengan berat masing-masing 130 kg didaratkan 6 bulan sebelum pendaratan astronot NASA yang rencananya bakal dilakukan pada tahun 2020. Robot tersebut bakal membersihkan tempat pendaratan agar aman didarati ataupun untuk melindungi basis penelitian yang ada.

Para peneliti mempersiapkan beberapa skenario. Misalnya robot membangun tanggul setinggi 2,5 meter di sekeliling basis NASA selama 6 bulan. Rencana lainnya, robot juga mengumpulkan bebatuan di permukaan tanah bulan yang berpotensi membahayakan. Demikian seperti dikutip detikINET dari TechRadar, Kamis (26/2/2009). (fyk/ash)




Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Indonesia Darurat 4G?

Kalau bukan sekarang, kapan lagi? Ya, inilah kira-kira urgensi yang akhirnya membuat layanan 4G LTE dikomersialisasi di Indonesia. Di sisi lain, layanan 3G dianggap masih belum optimal penyebarannya, termasuk 2G yang masih banyak penggunanya.
Pro
50%
Kontra
50%


Must Read close