http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png
 
 

India Segera Wujudkan Laptop Rp 100 Ribu

Fransiska Ari Wahyu - detikinet
Selasa, 03/02/2009 16:19 WIB
http://us.images.detik.com/content/2009/02/03/317/ilustrasi150-(ist).jpg ilustrasi (ist)
New Delhi - Beberapa waktu lalu, dikabarkan India tengah mengembangkan sebuah laptop seharga US$ 10 atau sekitar Rp 100 ribu untuk memajukan pendidikan jutaan anak di India . Banyak pihak yang menyangsikan realisasi dari program tersebut.

Sekarang kabar tersebut kembali mencuat. Laptop itu akan diproduksi secara massal. Sepertinya pemerintah India begitu optimistis bahwa proyek ini akan benar-benar terealisasi.

Kendati detail tentang laptop murah tersebut belum diungkap secara gamblang, pejabat kementerian pendidikan India, R.P Agrawal menyebutkan bahwa laptop itu akan tersedia dalam tempo enam bulan.

"Laptop tersebut dibandrol pada harga US$ 10. Jika para orang tua ingin menghadiahkan sesuatu untuk buah hatinya, mereka dapat dengan mudah membeli laptop ini," ujar Agrawal, seperti dikutip detikINET dari AFP, Selasa (3/2/2009).

Disebutkan bahwa laptop tersebut dibekali dengan memori 2GB dan koneksi internet nirkabel. Namun, pemerintah India belum menunjukkan prototipe laptop tersebut, dan juga tidak bersedia menjelaskan bagaimana cara memproduksi laptop murah itu.

Pemerintah India memang serius dalam mengembangkan gadget hemat energi untuk daerah pedalaman. Untuk keperluan ini, pemerintah India menganggarkan dana lebih dari 46 miliar Rupee atau sekitar US$ 939 juta dolar.

(faw/fyk)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!
Sponsored Link


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Nokia Android bakal Menggigit?

Nokia resmi memperkenalkan tiga seri Nokia X yang sudah mengusung sistem operasi Android. Mampukah tiga ponsel kelas menengah itu menggaet perhatian pasar?
Pro
55%
Kontra
45%


Must Read close