http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png

Kenalkan, Robot Cewek Cilik Mirip Manusia

Annisa M. Zakir - detikinet
Kamis, 09/10/2008 06:38 WIB
Halaman 1 dari 2
http://us.images.detik.com/content/2008/10/09/511/robogirl285.jpg Robogirl (telegraph)
Jakarta - Robot kini makin berevolusi seperti manusia. Seperti halnya robot yang satu ini, Robogirl alias Repliee R1, robot mirip anak kecil perempuan buatan tim dari departemen robotic Universitas Osaka, Jepang.

Robot canggih itu memiliki kulit dari silikon yang didalamnya tertanam lusinan sensor dan motor yang memungkinkan ia bergerak dan berinteraksi dengan sekelilingnya.

Dilihat dari penampakannya, Robogirl ini berkuncir dua, bisa mengedipkan mata dan bisa menghasilkan efek nyaris realistis yang cukup membuat bergidik. Robogirl juga bisa berinteraksi sederhana layaknya anak biasa.

"Yang paling penting, kami mengetahui bahwa orang yang berinteraksi dengan dia (robot tersebut - red.) kadang lupa bahwa mereka sedang bicara dengan robot," ujar Professor Hiroshi Ishiguro dari Universitas Osaka seperti dikutip detikINET dari Telegraph, Kamis (9/10/2008).

Menurut tim pengembang Robogirl, ini adalah robot yang paling realistik yang pernah dibuat oleh manusia.

Repliee R-1 juga dirancang untuk melakukan tugas untuk membantu orang cacat atau jompo, seperti mengambilkan barang.

Lebih lanjut dikatakan, robot Repliee R-1 ini juga mengingatkan orang dengan robot anak kecil yang diperankan oleh aktor Haley Joel Osment dalam film besutan Steven Spielberg, AI: Artificial Intelligence.Next

Halaman 1 2
(amz/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Permen Situs Negatif, Menurut Anda?

Pro kontra Permen Kominfo no 19 Tahun 2014 tentang Penanganan Situs Internet Bermuatan Negatif terus mengemuka. Lantas bagaimana dengan Anda terkait kehadiran Permen yang mengatur tata cara pelaporan situs yang masuk daftar hitam sensor Trust+ Positif ini?
Pro
33%
Kontra
67%


Must Read close