http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png
 
 

Info Situs

KucingFisika, Belajar Fisika Itu Menyenangkan

Penulis: Risman Adnan - detikinet
Jumat, 08/08/2008 11:34 WIB
http://us.images.detik.com/content/2008/08/08/404/screenshotkucingfisika-dlm.jpg Screenshot KucingFisika.com
Jakarta - Ditengah maraknya isu tentang mutu pendidikan di Indonesia, kelompok peneliti fisika zat padat dari Universitas Indonesia (UI) meluncurkan situs pembelajaran digital spesifik untuk fisika dan komputasi sains.

Situs ini berisi video tutorial, screencast, artikel, forum dan blog mengenai fenomena dan eksperimen fisika sederhana juga termasuk komputasi sains, seperti komputasi numerik dan parallel.

Nama KucingFisika yang diambil dari paradoks Schrodinger Cat, selaras dengan misi Prof. Dr.rer.nat. Rosari Saleh untuk membuat pelajaran fisika menjadi lebih menyenangkan, tidak monoton dan tidak membosankan. Professor fisika dari UI ini terlibat langsung sebagai konseptor dan pembimbing dari 8 anggota tim utama KucingFisika: Devillim, Sutarto, Andy Sumarta, M. Khari Secario, Satrio F., Nikolas Saydena, Sagi Arsyad dan Suhendro Purbo P.

Pada peluncuran pertama tanggal 8 agustus 2008 ini, KucingFisika merilis konten 50 video, 12 screencast, dan 17 artikel. Dalam satu tahun kedepan, KucingFisika diharapkan mampu memproduksi lebih dari 1000 video dan screencast mengenai fisika dasar dan komputasi sains untuk pelajar SMP, SMA dan Universitas.

Video yang dihasilkan oleh KucingFisika nantinya juga akan didistribusikan melalui media DVD dengan harga terjangkau untuk kebutuan pendidikan di daerah yang belum terjangkau internet.

Situs KucingFisika dibangun di Microsoft Innovation Center–Universitas Indonesia dengan menggunakan teknologi ASP.NET 3.5, .NET Framework 3.5, SQL Server 2008, IIS 7.0 dan Windows Server 2008.

Risman Adnan Mattotorang, arsitek KucingFisika yang juga ISV Lead di Microsoft Indonesia, menyatakan impiannya untuk mengarahkan KucingFisika sebagai situs pembelajaran fisika dan komputasi sains terbesar di Asia Pasifik, yang nantinya akan mencakup konten seperti Parallel dan High Performance Computing (HPC) untuk keperluan riset simulasi fisika. Microsoft Indonesia juga akan memperkenalkan program software gratis untuk mahasiswa melalui situs ini (DreamSpark), lanjutnya.

Guru, pengajar dan dosen lain di seluruh Indonesia yang ingin berkontribusi di KucingFisika dapat menghubungi redaksi KucingFisika melalui kucingfisika@live.com.
(dwn/dwn)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!
Sponsored Link


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Nokia Android bakal Menggigit?

Nokia resmi memperkenalkan tiga seri Nokia X yang sudah mengusung sistem operasi Android. Mampukah tiga ponsel kelas menengah itu menggaet perhatian pasar?
Pro
57%
Kontra
43%


Must Read close