http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png
 
 

Robot Temukan Air di Planet Mars

Fino Yurio Kristo - detikinet
Jumat, 01/08/2008 11:21 WIB
http://us.images.detik.com/content/2008/08/01/398/phoenixdalamnya.jpg Phoenix Lander (afp)
Los Angeles - Robot angkasa Phoenix Lander besutan NASA kini tengah berjuang di planet Mars mencari jejak kehidupan. Kabar terbaru, ilmuwan NASA mengkonfirmasi keberadaan air di planet merah itu berkat jasa sang robot.

Penemuan berharga ini terungkap setelah Phoenix Lander memakai tangan robotiknya untuk mengambil sampel tanah Mars. Sampel itu lalu dianalisis di instrumen on board-nya yang lalu berhasil diidentifikasi sebagai uap air.

"Kami memang tahu adanya air dalam misi sebelumnya. Namun inilah kali pertama air di Mars dapat disentuh," kata William Boynton dari University of Arizona yang juga pemimpin para ilmuwan pencipta Phoenix.

Misi robot Phoenix sendiri telah dikategorikan sukses sehingga NASA memperpanjang program ini sampai akhir September. Menurut Michael Meyer, Chief Scientist di NASA, sang robot mampu menuntaskan target kerja dengan baik sejak mendarat di Mars bulan Mei lalu.

Memang sebelumnya pernah ada gangguan komputer kecil pada Phoenix Lander. Namun masalah ini tidak terlalu mempengaruhi jalannya misi.

Smith menyatakan, material yang diambil oleh Phoenix akan dianalisis lebih lanjut. Seperti dikutip detikINET dari AFP, Jumat (1/8/2008), hal itu dilakukan untuk melacak apakah lingkungan di Mars pernah mendukung adanya kehidupan.

Ngobrol santai soal dunia internet? Gabung saja di detikINET Forum! (fyk/ash)




Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Indonesia Darurat 4G?

Kalau bukan sekarang, kapan lagi? Ya, inilah kira-kira urgensi yang akhirnya membuat layanan 4G LTE dikomersialisasi di Indonesia. Di sisi lain, layanan 3G dianggap masih belum optimal penyebarannya, termasuk 2G yang masih banyak penggunanya.
Pro
50%
Kontra
50%


Must Read close