http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png

 
 

Laporan dari AS

Politik Online Untungkan Obama

Nenden Novianti - detikinet
Minggu, 27/07/2008 11:46 WIB
Halaman 1 dari 2
http://us.images.detik.com/content/2008/07/27/398/Obama-washingtonpost150.jpg Obama (washingtonpost)
Washington - Sebanyak 46 persen orang Amerika Serikat (AS) menggunakan internet untuk mendapatkan informasi politik dan berbagi ide mengenai kampanye. Video online dan situs-situs jejaring sosial menjadi sarana utama, terutama di antara para pendukung Barack Obama, bakal calon presiden AS.

Demikian hasil penelitian yang dilakukan oleh Pew Internet & American Life, pada bulan April dan Mei 2008 lalu, dengan 2.251 responden orang dewasa berusia minimal 18 tahun.

Menurut lembaga nirlaba di Washington DC ini, sepertiga orang Amerika mengikuti perkembangan berita tentang pemilihan primary. Tingkat ketertarikan yang cukup tinggi, karena biasanya peningkatan itu baru terlihat pada masa pemilu baru mencapai puncaknya.

Dalam konteks ini kebanyakan orang Amerika saat ini menggunakan internet bukan hanya untuk mengakses informasi mengenai kampanye, tapi juga mengambil peran aktif dengan melakukan percakapan online tentang politik dan menyebarkan informasi dan berita tentang kandidat yang dipilih atau pemilihan secara umum.

Sejumlah 40 persen orang Amerika ini, kata Aaron Smith, peneliti dari Pew Internet, menggunakan internet untuk tiga aktivitas utama. Yaitu mencari informasi mengenai kampanye, menggunakan e-mail untuk berdiskusi terkait dengan hal-hal kampanye, dan menggunakan sms untuk tujuan yang sama.

"Selain internet, orang Amerika juga menggunakan sms dalam aktivitas politik
untuk pemilihan kali ini, " jelas Aaron yang menemui detikcom dan peserta IVLP yang disponsori Deplu AS, di kantornya di Washington DC, pertengahan Juli lalu.

Hal yang menarik dari hasil penelitian ini, internet digunakan oleh orang
Amerika, terutama pendukung Obama, untuk menjadi alat pengumpulan donasi bagi aktivitas kampanye. "Sebanyak 8 persen pengguna internet menyumbangkan dananya melalui internet, untuk kandidat yang mereka dukung," kata lelaki jangkung ini.Next

Halaman 1 2
(nrl/fyk)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Rudiantara Cocok Jadi Menkominfo?

Dengan latar belakanganya sebagai seorang profesional di industri telekomunikasi, Rudiantara dianggap pas menempati kursi menkominfo. Lantas, bagaimana dengan Anda, apa berpendapat sama?
Pro
73%
Kontra
27%


Must Read close